Share

Sri Mulyani Bilang Milenial Sulit Beli Rumah, Konsultan Properti: Harganya Terus Naik!

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Senin 11 Juli 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 470 2627675 sri-mulyani-bilang-milenial-sulit-beli-rumah-konsultan-properti-harganya-terus-naik-ULrXhCW8H8.jpg Harga Rumah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Konsultan Properti Knight Frank Indonesia melaporkan terjadi kenaikan harga rumah pada tahun ini. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah inflasi yang merangkak naik.

Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia, Syarifah Syaukat menyatakan bahwa harga rumah setiap tahun memang meningkat. Namun pada tahun ini harga rumah juga ditambah dengan kenaikan harga material pembangunan.

"Memang rerata kenaikan harga rumah yang terus meningkat, di kisaran 2% tahun ini dan ditambah kenaikan harga material bangunan menjadikan tantangan tersendiri untuk generasi muda memiliki rumah," ujar Syarifah dalam pernyataan tertulisnya kepada MNC Portal, Senin (11/7/2022).

Oleh sebab itu menurutnya benar adanya yang dikatakan oleh Sri Mulyani ketika generasi muda sulit untuk mendapatkan rumah. Namun bukan berarti generasi muda tidak bisa untuk memiliki rumah kedepannya.

"Namun ketika generasi muda cermat melihat peluang penawaran dari pengembang dan mencocokan dengan stimulan/insentif yang diberikan Pemerintah untuk pembeli hunian pertama, maka generasi muda dapat mewujudkan mimpinya untuk memiliki hunian," sambung Syarifah.

Sehingga insentif untuk sektor properti khususnya di bidang perumahan perlu diperkuat, sehingga bisa menekan angka backlog yang pada tahun 2021 lalu angka sudah mencapai 12,75 juta.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Termasuk ketika akan membeli hunian, generasi muda akan mencari informasi secara online terkait hunian dengan down payment yang rendah, tenor yang panjang, transparansi informasi unit, lokasi aksesibel dan promosi menarik akan menjadi pilihan," lanjutnya.

"Generasi muda, baik dari kelompok generasi milenial maupun generasi z umumnya memiliki literasi teknologi yang tinggi. Saat ingin membeli sesuatu, generasi ini akan memanfaatkan search engine secara optimal untuk mencari pro dan kontra produk tersebut," pungkas Syarifah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini