Share

Ada Uang Rp100 Gambar Jokowi, BI Tegaskan Uang Sah Motif Pahlawan Sudah Meninggal

Kurniasih Miftakhul Jannah, Okezone · Selasa 12 Juli 2022 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 320 2627982 bi-gambar-yang-dipakai-untuk-rupiah-itu-pahlawan-yang-sudah-meninggal-NdmFrESZO2.jpg Bank Indonesia (Foto: Okezone.com)

BALI - Bank Indonesia menegaskan gambar orang yang dipakai pada uang Rupiah adalah pahlawan yang sudah meninggal. Hal ini sekaligus membantah video viral uang pecahan Rp100 bergambar Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Salah satu yang sebagai acuan, kalaupun mau pakai gambar orang itu gambar pahlawan yang sudah meninggal," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Selasa (12/7/2022).

Erwin menjelaskan alasan uang rupiah menggunakan gambar pahlawan yang sudah meninggal. Menurutnya, jika menggunakan gambar orang yang masih hidup akan berisiko.

"Jadi kalau masih hidup terus tersangkut apa-apa, terus sudah jadi disimpan gambar uang itu kan berisiko jadi untuk jaga-jaga kalau pun mau pakai gambar orang itu pakai gambar pahlawan, pemandangan kayak gitu-gitu," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, gambar pahlawan yang dipilih sebagai desain mata uang pun tak sembarangan. Pahlawan yang dipilih adalah yang memiliki track record baik.

"Pahlawan itu yang sudah punya track record yang bagus yang meninggal beberapa waktu lalu dan dia punya kredibilitas sebagain pahlawan artinya kalau (orang) masih hidup si hoaks," tukasnya.

Sebelumnya, dalam video yang diunggah akun tiktok @Ins4nT4k_Puny4 dijelaskan bahwa uang terbaru bergambar Presiden Jokowi akan dikeluarkan BNI. Akun tersebut menyebut kalau uang bergambar Jokowi adalah pecahan terbaru.

Video tersebut ramai dibicarakan netizen dengan 8 ribu komentar. Video viral uang rupiah bergambar Jokowi ini pun disukai oleh 43 ribu pengguna TikTok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini