Share

AP II dan Changi Airport Group Bahas Pemulihan Penerbangan Imbas Covid-19

Heri Purnomo, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 320 2641850 ap-ii-dan-changi-airport-group-bahas-pemulihan-penerbangan-imbas-covid-19-wlOTzP4UqY.jpg Bandara (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Angkasa Pura II dan Changi Airport Group membahasa upaya memperkuat pemulihan sektor penerbangan baik di Indonesia maupun Asia Tenggara.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan AP II dan Changi Airport Group saat ini memiliki tujuan sama yakni mengakselerasi pemulihan sektor penerbangan yang terkena dampak hebat pandemi COVID-19.

“AP II dan Changi Airport Group sebagai dua operator bandara terbesar di kawasan Asean tengah mengeksplorasi kerja sama sehingga kami dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mendorong pemulihan penerbangan, baik itu di Indonesia maupun Asia Tenggara,” ujar Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis, Kamis (4/8/2022).

Muhammad Awaluddin menyampaikan bahwa AP II saat ini tengah mendorong pemulihan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak di bandara-bandara yang dikelola perseroan termasuk Bandara Soekarno-Hatta.

“Pemulihan penerbangan di bandara-bandara AP II berjalan dengan baik. Recovery rate di Bandara Soekarno-Hatta bahkan saat ini telah mencapai sekitar 82 persen, dengan kata lain lalu lintas penerbangan sudah sekitar 82 persen dari 2019 saat belum ada pandemi,” ungkap Muhammad Awaluddin.

Sementara, CEO Changi Airport Group Lee Seow Hiang menuturkan Bandara Changi dan Bandara Soekarno-Hatta merupakan rekanan yang jika bersinergi maka akan memiliki sistem yang besar.

Apabila Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi dapat bersinergi terkait operasional penerbangan salah satunya melalui ACDM maka kedua bandara dapat melakukan perencanaan dengan baik semisal dalam menghadapi keterlambatan penerbangan (delay).

“Jika kita bersama-sama, maka kita punya sistem yang besar,” ujar Lee Seow Hiang.

Saat ini rata-rata penerbangan di rute Jakarta - Singapura adalah 37 penerbangan (take off dan landing) dalam satu hari, di mana juga selama ini rute Jakarta - Singapura - Jakarta menjadi salah satu rute internasional tersibuk di dunia.

Adapun, pertemuan tersebut merupakan pertemuan yang kedua di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Rabu 3 Agustus 2022, setelah pertemuan pertama yang digelar di Singapura pada 16 Juni 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini