Share

Peringati Hari Kemerdekaan, Industri Manufaktur RI Sudah On The Right Track

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Rabu 17 Agustus 2022 07:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 320 2649277 peringati-hari-kemerdekaan-industri-manufaktur-ri-sudah-on-the-right-track-6z9kYPq9Vx.jpg Menperin Peringati HUT ke-77 Indonesia. (Foto: Okezone.com/Kemenperin)

JAKARTA - Menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, sektor industri menunjukkan peran vitalnya bagi perekonomian Indonesia. Sektor manufaktur berada on the right track, yang ditunjukkan dengan dominasi produk-produk hilir pada struktur ekspor Indonesia.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk terus meningkatkan kinerja sektor industri dan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi, yang berperan dalam pembangunan Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Baca Juga: 5 Pahlawan Perempuan yang Sosoknya Diabadikan di Uang Rupiah

“Seperti yang disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo pada pidato di Sidang Tahunan, kekuatan-kekuatan yang kita miliki merupakan modal kuat untuk membangun Indonesia, termasuk kemampuan hilirisasi dan industrialisasi untuk memaksimalkan nilai tambah bagi kepentingan nasional,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Menperin menyampaikan, upaya-upaya yang telah ditempuh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menunjukkan pertumbuhan investasi dalam dua tahun terakhir, bahkan hingga dua digit.

Baca Juga: HUT Kemerdekaan RI di Tengah Pandemi, Luhut Ucapkan Terima Kasih ke Dokter hingga Relawan

“Ini cerminan kepercayaan dan harapan bahwa kita selangkah lebih dekat untuk menjadi kekuatan industri dunia. Saya percaya cita-cita dalam Making Indonesia 4.0 bahwa Indonesia masuk 10 besar ekonomi dunia di tahun 2030 akan semakin terakselerasi,” tegasnya.

Sektor industri nonmigas juga telah kembali tumbuh positif ke angka 6,91% pada tahun 2021, setelah pada triwulan II -2020 mengalami pertumbuhan minus -5,74%. Pada triwulan II – 2022, pertumbuhan industri adalah sebesar 4,33%.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Namun demikian, Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia terus berada di level ekspansif sejak November 2020 dan terus menguat sepanjang 2021 hingga saat ini, terkecuali bulan Juli dan Agustus akibat merebaknya varian delta.

“Hal ini menunjukkan kepercayaan diri, daya adaptasi, dan resiliensi sektor industri di masa pandemi, sekaligus optimisme yang tinggi di sektor industri manufaktur dalam menilai prospek ekonomi Indonesia ke depan,” ungkap Menperin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini