Share

26 Juta Data Pelanggan IndiHome Diduga Bocor, Ini Hasil Investigasi Telkom

Suparjo Ramalan, iNews · Senin 22 Agustus 2022 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 22 320 2652305 26-juta-data-pelanggan-indihome-bocor-ini-hasil-investigasi-telkom-AVEFjVNm8D.png Data Pelanggan IndiHome Diduga Bocor. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - PT Telkom Indonesia Tbk membantah adanya kebocoran data 26.730.000 pelanggang IndiHome. Manajemen pun telah melakukan investigasi terhadap hal tersebut.

SVP Corporate Communication and Investor Relation Telkom Indonesia, Ahmad Reza menyebut, proses investigasi dilakukan sejak Minggu hingga Senin pagi tadi. Hasilnya menyimpulkan bahwa data tersebut tidak mengandung ID IndiHome yang valid.

Baca Juga: Ambil Alih Sigma Cipta Caraka, Telkom Suntik Dana Rp2,6 Triliun

"Faktanya kita sudah melakukan investigasi dari sore denga tadi pagi juga, pertama, tidak ada record yang mengandung ID Indihome yang valid," ungkap Reza saat konferensi pers di kawasan Telkom, Senin (22/8/2022).

Pada minggu 21 Agustus 2022, lanjut Reza, ditemukan adanya dugaan kebocoran data pelanggan yang dijual di forum breached.to. Data yang dijual terdiri dari 26.730.000 dengan komposisi record dengan komposisi browsing history dan data pribadi.

Baca Juga: Erick Thohir Minta Telkom Jadi Tulang Punggung Ekonomi Digital RI

Namun, dari investigasi perusahaan mencatatkan tidak ada sistem di Telkom yang menyimpan browsing history dan data pribadi secara berdampingan.

Telkom juga tidak menggunakan email @telkom.net baik untuk kepentingan perusahaan maupun fitur atau layanan bagi pelanggan.

"Format @telkom.net ini digunakan telkom sebagai domain atau user ID indihome. Lalu tidak ada sistem di telkom yang menyimpan browsing history dan data pribadi secara berdampingan," kata dia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebelumnya, salah satu pengguna sosial media Twitter bernama Teguh Aprianto dengan akun @secgron menyebut setidaknya ada data 26 juta pelanggan IndiHome yang bocor.

Melalui cuitannya, dia mengklaim bahwa sebanyak 26 juta browsing history milik pelanggan dicuri dan dibagikan secara gratis. Di dalamnya juga mencakup nama pelanggan, jenis kelamin, bahkan hingga NIK.

Dua pun tak lupa menyertakan gambar tangkapan layar sebagai bukti dari temuannya tersebut. Jika dilihat dengan seksama, data dibagikan oleh akun Bjorka pada Sabtu 20 Agustus 2022 dini hari.

Dia lantas membagikan juga sample data pengguna IndiHome yang bocor. Di mana di situ memuat link uang dikunjungi, jenis browser, IP address, riwayat pencarian, nama, jenis kelamin, hingga NIK.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini