Share

Erick Thohir Bakal 'Sulap' Gula Jadi Etanol

Suparjo Ramalan, iNews · Kamis 01 September 2022 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 320 2658915 erick-thohir-bakal-sulap-gula-jadi-etanol-7dnq0gMJq4.jpg Rencana Menteri BUMN Jadikan Etanol sebagai BBM. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Pemerintah mengembangkan energi baru pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM) melalui industri pangan yang dikelola perusahaan pelat merah. Energi baru tersebut berbasis pada etanol.

Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kementerian BUMN dan pihak terkait tidak saja menjadikan mewujudkan swasembada pangan, namun juga komoditi pangan dijadikan sebagai sumber energi baru.

Baca Juga: Menteri ESDM Apresiasi Kepengurusan METI 2022-2025, Akselerasi EBT Makin Cepat

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, Holding Perkebunan Nusantara atau PTPN III akan mengelola gula menjadi etanol. Upaya memproduksi jenis energi baru ini menjadi bagian dari substitusi Bahan Bakar Minyak di dalam negeri.

"Yang lainnya industri pangan. Bagaimana Pangan tidak hanya menjadi swasembada, tapi juga menjadi alternatif seperti yang bapak (Jokowi) dorong daripada industri gula menjadi etanol," ungkap Erick, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga: Transisi Energi, RI Siap Terapkan Nilai Ekonomi Karbon

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut proses sudah dilakukan dan dalam tahap penelitian. Hanya saja dia tidak menjelaskan lebih jauh perihal penelitian yang dimaksud.

Pemerintah melalui Holding Perkebunan Nusantara akan melakukan program Biodiesel 40 (B40) atau bahan bakar nabati berasal dari campuran biodiesel dan solar. Perseroan juga diminta meningkatkan produksi etanol.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Arya, perseroan tengah melakukan pengembangan dan pembenahan pabrik melalui konsolidasi.

"PTPN I punya pabrik sendiri, PTPN II juga punya sendiri, ini akan dikonsolidasi sehingga nanti akan ada penambahan pabrik, bikin pabrik sendiri, bikin apa?," jelasnya.

PTPN III memang menggalakan program pengembangan bioenergi. Perusahaan mendorong penggunaan biomassa perkebunan sebagai sumber energi utama, hilirisasi bisnis perkebunan, serta optimasi dan pengembangan pembangkit listrik maupun sumber EBT lainnya. Program-program ini akan dilaksanakan secara mandiri maupun bekerjasama dengan mitra strategis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini