Share

Surya Darmadi Orang Terkaya yang Kini Menjadi Koruptor Terbesar di Indonesia

Khairunnisa, Okezone · Rabu 07 September 2022 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 455 2662887 surya-darmadi-orang-terkaya-yang-kini-menjadi-koruptor-terbesar-di-indonesia-RCVvArZiFe.jpg Surya Darmadi yang Pernah Jadi Orang Terkaya RI. (Foto: Okezone.com/Antara)

JAKARTA - Surya Darmadi merupakan pemilik PT Darmex Agro Group induk dari PT Duta Palma. Damex Agro Group adalah korporasi terbesar di Indonesia dalam sektor perkebunan dan pengolahan kelapa sawit.

Surya Darmadi pernah tercatat sebagai orang terkaya ke-28 di Indonesia versi Forbes pada tahun 2018. Nilai kekayaan konglomerat ditaksir mencapai USD1,45 miliar atau setara Rp20,73 triliun.

Baca Juga: Ini 5 Sumber Kekayaan Roger Danuarta

Surya Darmadi memiliki dua jenis kapal mewah. Kapal pertama bernama Royal Palma-IV. Kemudian, kapal berikutnya bernama Royal Palma 21.

Dia juga memiliki 40 bidang tanah yang tersebar di Jakarta, Riau, dan Jambi. Kemudian, enam pabrik kelapa sawit di Jambi, Riau, dan Kalimantan Barat.

Namun Pemilik PT Darmex Group atau PT Duta Palma tersebut kini menjadi tersangka korupsi terkait pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau, tahun 2014.

Baca Juga: Wow! Pria Ini Langsung Jadi Orang Terkaya Dunia Dapat Transferan Rp744,2 Triliun ke Rekening

Kasus korupsi berupa penyerobotan kawasan hutan lindung oleh pemilik PT Duta Palma Group Surya Darmadi (SD) dengan nilai kerugian negara Rp104 triliun disebut sebagai korupsi terbesar sepanjang sejarah Indonesia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sejumlah aset Surya Darmadi terus disita untuk menutupi kerugian negara yang timbul akibat perbuatan culas pelaku.

Rencananya Surya Darmadi akan menjalani pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi pada tanggal 19 Agustus 2022 kemarin. Namun proses tersebut dibatalkan mengingat kondisi kesehatannya yang tidak memungkinkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini