Share

Wuss, Lewat 5 Jalan Tol Ini Bayar Tanpa Berhenti

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Jum'at 16 September 2022 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 320 2668727 wuss-lewat-5-jalan-tol-ini-bayar-tanpa-berhenti-NrMMIQUK15.jpg Bayar Tol Tanpa Berhenti (Foto: Dokumen Jasa Marga)

JAKARTA - Membayar di lima jalan tol ini tanpa berhenti dengan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF). Sistem pembayaran nir sentuh ini akan diuji coba pada akhir 2022.

5 tol tersebut di antara lain, Tol Bali Mandara, Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Dalam Kota, dan Tol JORR.

Kelima tol tersebut merupakan perwakilan 80% dari traffic keseluruhan jalan tol di Indonesia.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, penerapan tersebut bakal dilakukan secara bertahap pada beberapa ruas tol yang bakal diterapkan sistem MLFF.

BACA JUGA: Bayar Tol Tanpa Berhenti Diterapkan Akhir 2022, Wajib Punya Aplikasi Ini 

Meski demikian pihaknya masih melihat gerbang tol mana yang bakal cocok untuk diterapkannya sistem pembayaran tol nir sentuh tersebut. Sebab masih menimbang frekuensi kendaraan yang melintas di gerbang tol tersebut.

"Kalau dari tim teknisnya dari bidang belum kasih nama ruasnya," kata Danang kepada MNC Portal Indonesia belum lama ini.

Namun, pengendara diminta untuk segera download aplikasi Cantas. Di mana aplikasi tersebut nantinya untuk menunjang transaksi tol yang dilakukan.

"Jadi masyarakat bisa mendownload, bisa operasionalkan, bisa latihan lah, aplikasi sudah ada nanti Desember bakal diluncurkan (resmi)," ujar Danang saat ditemui di DPR.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menegaskan kembali kalau saat uji coba, tol ini tidak akan dikenakan biaya.

"Untuk pertama ini kan tidak komersialkan dulu, masyarakat bisa terlatif dengan mengecek sendiri dari titik gate masuk ke gate keluar, panjangnya berapa kilometer, dan bayarnya berapa, (menggunakan aplikasi)," ungkapnya.

Seperti diketahui sistem MLFF bakal menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS). Sehingga pengguna tol nantinya tidak perlu berhenti untuk melakukan transaksi di ruas tol.

Dietimasikan nantinya proses transaksi di ruas tol dari adanya penerapan sistem tersebut bakal mengubah waktu transaksi yang dilakukan menjadi 0 detik.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini