Share

Hutama Karya Yakin 6 Bendungan Rampung hingga 2025

Suparjo Ramalan, iNews · Jum'at 16 September 2022 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 470 2669126 hutama-karya-yakin-6-bendungan-rampung-hingga-2025-xobr92igzE.jpg 6 pembangunan bendungan selesai hingga 2025 (Foto: PUPR)

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) meyakini enam bendungan akan rampung pada 2023-2025. Bendungan tersebut di antaranya Bulango Ulu Paket I (Gorontalo), Meninting Paket I (Nusa Tenggara Barat), Ameroro Paket II (Sulawesi Tenggara), Way Apu Paket II (Maluku), Tiga Dihaji (Sumatra Selatan), dan Bendung Batang Toru (Sumatera Utara).

Direktur Operasi I Hutama Karya Gunadi mengungkap, pada akhir 2022 Bendung Batang Toru akan dirampungkan. Saat ini progres konstruksi telah mencapai 98,66%. Pihaknya, juga memantau progres pembangunan bendungan lainnya yang sedang digarap saat ini.

"Kami menyiapkan sejumlah strategi percepatan, salah satunya dengan menambah jumlah alat pekerjaan timbunan, double shift untuk pekerjaan pengecoran spillway dan berkoordinasi dengan masyarakat setempat untuk mempercepat pembebasan lahan agar rampung sesuai target dengan kualitas konstruksi yang baikโ€™โ€™ ujar Gunadi, Jumat (16/9/2022).

Dia mencatat pekerjaan konstruksi bendungan harus memiliki kualitas konstruksi yang baik karena kondisi geologi masing-masing pembangunan bendungan cukup berbeda. Di mana, diperlukan inventarisasi, pemantauan dan evaluasi serta kajian permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan sosial.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Adapun penerapan metode kerja dan teknologi Building Information Modelling (BIM), Bekisting spillway menggunakan Steel Formwork khusus dan penggunaan Hydroseding (sebagai penahan tanah) yang digunakan untuk mempercepat proses pembangunan, sehingga hasil pembangunan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Banyaknya pengalaman pembangunan bendungan yang dimiliki oleh perusahaan serta penerapan digitalisasi konstruksi, kami optimis dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, tepat biaya dan tepat mutu,โ€ kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 14,20 triliun untuk pembangunan bendungan dan danau pada 2023. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jarot Widyoko dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama komisi V DPR beberapa waktu lalu.

โ€œTarget utama dengan adanya alokasi dana sebesar 14,20 triliun akan dipergunakan untuk lanjutan pembangunan 23 bendungan, 13 di antaranya telah selesai, sedangkan 10 bendungan lainnya masih akan lanjut ke tahun anggaran 2023,โ€ kata Jarot.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini