Share

Ini 5 Transportasi Jadul Jakarta yang Sudah Punah

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 20 September 2022 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 320 2671426 ini-5-transportasi-jadul-jakarta-yang-sudah-punah-fQHGE0Qn6c.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ini 5 transportasi jadul Jakarta yang sudah punah. Transportasi menjadi salah satu hal yang memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Dulu Jakarta punya bus tingkat, oplet, hingga trem. Kini semua angkutan umum tersebut itu sudah tergeser oleh moda transportasi umum yang lebih modern, seperti Bus Transjakarta, MRT, hingga ojek online.

Berikut 5 transportasi jadul Jakarta yang dirangkum dari berbagai sumber:

1.Trem

Jakarta ternyata pernah memiliki trem, layaknya yang ada negara-negara Eropa.

Kala itu, Belanda mulai memperkenalkan trem, transportasi umum yang lebih maju daripada delman yang mirip kereta listrik dan melintas di jalan umum.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

10 April 1899, merupakan tahun kelahiran trem generasi terbaru untuk menggantikan trem kuda dan trem uap di Jakarta. Sebagai sarana angkutan terbaru, trem listrik langsung menjadi primadona warga Batavia (Jakarta sekarang).

Trem listrik mengoperasikan lima jalur, seperti Menteng – Kramat – Jakarta Kota. Senen – Gunung Sahari. Menteng – Merdeka Timur – Harmoni. Menteng – Tanah Abang – Harmoni. Waktu itu, sekali naik, tarifnya 10 sen.

2.Oplet

Pada 1970-an, juga ada sejumlah angkutan umum massal berupa oplet. Rupanya bisa disimak di sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ yang sempat tayang di salah satu stasiun TV swasta Tanah Air.

3. Bemo

Bemo sebetulny hasil produk pabrikan Jepang, Daihatsu. Lahir dari inovasi akibat persaingan sengit dengan Toyota, lahirlah varian terbaru di tahun 1957 yang dinamakan Daihatsu Midget (kerdil).

Di Indonesia, Midget kemudian diberikan “nama baptis” Bemo. Bemo sendiri merupakan singkatan dari Becak Motor dan cukup lama merambah jalanan Ibukota dan melayani masyarakat dengan setia. Setelah bertahan cukup lama, mulai Juni 2017, Bemo pun resmi dikandangkan

4. Bajaj

Bajaj kendaraan roda tiga yang berisik suaranya ini mulai populer pada tahun 1970. Dibandingkan dengan bemo, nasib bajaj lebih beruntung. Kini bajaj mulai digantikan dengan bajaj berbahan bakar gas yang ramah lingkungan.

5. Bus Tingkat

Bus tingkat pertama menyapa warga Jakarta tahun 1983 dimana armadanya diboyong dari Inggris, dengan merk Leyland Atlantean yang merupakan bus tingkat dengan masa produksi terlama yaitu 1958 hingga tahun 1986.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini