Share

Gap PHK 500 Karyawan, Saham Langsung Merosot 3%

Clara Amelia, Okezone · Rabu 21 September 2022 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 320 2672092 gap-phk-500-karyawan-saham-langsung-merosot-3-I4rTKZpplF.png GAP PHK Karyawan. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA – Gap memberhentikan 500 karyawan. Keputusanini menambah masalah perusahaan retail di tengah tantangan yang berat.

Pemberhentian karyawan Gap ada yang di New York, San Francisco dan seluruh Asia. PHK dimulai dalam beberapa hari terakhir dan jumlahnya 5% dari total 8.700 pekrja.

Berita tentang PHK datang beberapa bulan setelah Gap melaporkan pendapatan kuartal I- yang menurun. Gap mengalami kemerosotan pada merek andalannya, Old Navy.

Baca Juga: Korban PHK Startup Melonjak, BUMN Diharap Bisa Serap Tenaga Kerja Lebih Banyak

Kabar PHK menambah beban perusahaan, setelah sebelumnya CEO Sonia Syngal mengundurkan diri setelah bekerja kurang dari tiga tahun. Selagi mencari pemimpin tetap, posisinya akan digantikan oleh CEO sementara.

Direktur Pelaksana GlobalData Neil Saunders menilai, bahwa PHK masuk akal karena penjualan perusahaan yang melambat dan jejak ritel yang menyusut. Bahkan produk andalan, Old Navy tidak sekuat dulu dalam meningkatkan keuntungan bagi Gap.

Baca Juga: BUMN Perhotelan PHK 137 Karyawan, Ini Penjelasan Hotel Indonesia Natour

“Secara tradisional, Gap dapat mengandalkan spanduk Old Navy untuk menutupi beberapa kelesuan di bagian lain dari bisnis. Namun, dengan divisi yang menderita masalah pasokan rantai dan melemahnya permintaan dari segmen keluarga, seluruh perusahaan sangat terbuka dan perlu mengambil tindakan lebih keras untuk menenangkan investor dan menyajikan angka yang lebih baik selama paruh kedua tahun ini,” tulis Saunders, dilansir dari CNN.com, Rabu (21/9/2022).

Pekan lalu, Kanye West juga mengumumkan bahwa dirinya mengakhiri kemitraan dengan Gap. Hal itu karena ketidak patuhan substansial.

Dia menuduh retail melanggar kemitraan mereka dengan tidak membuka toko Yeezy bermerek dan mendistribusikan pakaiannya seperti yang sudah direncanakan, di antara masalah lainnya.

Gap mengkonfirmasi bahwa itu mereda kemitraan dalam email internal perusahaan yang dilihat CNN Business.

Saham Gap di tahun ini pun sudah turun 50% dan tergelincir (turun) hampir 3% pada perdagangan Selasa 20 September 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini