Share

Kementan Kejar Swasembada Jagung Tahun Depan

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Kamis 22 September 2022 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 320 2672999 kementan-kejar-swasembada-jagung-tahun-depan-hGYHZzJQ6A.jpg Indonesia swasembada jagung tahun depan (Foto: reuters)

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan Indonesia swasembada jagung tahun depan. Direktur Serealia, Ditjen Tanaman Pangan Kementan Moh Ismail Wahap mengatakan hal tersebut bisa terwujud asal tidak ada gangguan dari masalah iklim, seperti curah hujan atau kemarau berkepanjangan yang bisa mempengaruhi musim tanam panen.

"Tahun depan kita targetkan swasembada jagung, karena pada tahun sudah swasembada beras, dan insyaallah kita Swasembada jagung, mudah-mudahan Kondisi iklim ini bisa bagus sepanjang tahun," kata Ismail, Kamis (22/2/2022).

Sama seperti yang dilakukan pada swasembada beras yang dicapai pada tahun ini, pemerintah juga bakal melakukan Survei Cadangan Jagung Nasional (SCJN) untuk mengetahui ketersediaan keberadaan jagung nasional.

"Ini belum pernah dilakukan, yang pernah kita lakukan survey cadangan beras Naisonal pada tahun 2015, jagung belum pernah, kita akan coba melakukan SCJN (Survey Cadangan Jagung Naisonal)," kata Ismail.

"Sehingga kita tahu persis jagung itu ada di kita, sehingga kita betul betul tahu cadangan jagung Nasional, dan itu untuk melakukan swasembada," sambungnya.

Pada kesempatannya Ismail menambahkan stok jagung untuk kebutuhan dalam negeri saat ini masih cukup. Untuk jagung dengan kadar air 27%,

"Produksi kita dari Januar sampai November relatif aman, artinya apa kebutuhan pakan kita yang selama ini 800 ribu ton per bulan masih cukup," lanjut Ilham.

Menurut Ismail, sasaran produksi jagung tahun 2022 adalah 4,26 juta ha luas tanam, 4,11 juta luas panen, produktivitas mencapai 56,11 kuintal per ha. Dengan begitu, produksi jagung nasional tahun 2022 ditaksir mencapai 23,10 juta ton.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini