Share

Jadi Isu Sensitif, BI: Ada Akun Robot Bahas soal Utang di Medsos

Kurniasih Miftakhul Jannah, Okezone · Minggu 02 Oktober 2022 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 02 320 2679017 jadi-isu-sensitif-bi-ada-akun-robot-bahas-soal-utang-di-medsos-dNqqr6ZW3m.JPG Rupiah. (Foto: Freepik)

BALI - Bank Indonesia (BI) mengakui isu utang kerap menjadi bahan politisasi.

Bahkan Bank Sentral mengungkap isu utang pernah dimainkan oleh akun-akun bodong dia media sosial Twitter.

"4-5 bulan kita sampai bikin statistik di medsos, kita bikin network analisis pada akun robot mengeksplor isu utang," kata Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono di Bali, Minggu (2/10/2022).

 BACA JUGA:Pelemahan Rupiah Ancam Utang Perusahaan Swasta?

Erwin bilang, hal ini menjadi bukti bahwa isu utang merupakan hal sensitif dari sisi politis. Untuk itu, Bank Sentral rutin mempublikasi data utang agar masyarakat bisa mengetahui fakta yang benar.

"Itu jadi memang isu utang sensi dari sisi politis makanya kita dalam setiap bulan bukan hanya publish, secara umum kita confiden utang jauh leih baik dibanding dulu," ujarnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Di sisi lain , Erwin Haryono memastikan bahwa utang Indonesia aman meskipun Rupiah mengalami pelemahan. Menurutnya, porsi ULN yang ada saat ini lebih banyak utang jangka panjang.

"Utang kita aman, utang pemerintah aman, statistik utang kita aman, jangka panjang jauh lebih aman dari pada utang jangka pendek," katanya.

Menurutnya, pengelolaan utang Indonesia saat ini jauh lebih baik. Sebagai gambaran, pada krisis 1998 pemerintah tidak memiliki catatan yang jelas mengenai porsi utang.

"1998 waktu krisis kita bahkan tidak tau utang kita berapa, porsi utang kita berapa, statistik kita sekarang lebih baik, posisi ULN kita aman," ucapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini