Share

Kendaraan ODOL Dilarang Lewat Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

Suparjo Ramalan, iNews · Selasa 04 Oktober 2022 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 320 2680544 kendaraan-odol-dilarang-lewat-tol-bakauheni-terbanggi-besar-Dum7JeZ9iP.jpg Truk ODOL dilarang lewati tol (Foto: Okezone)

JAKARTA – Kendaraan muatan berlebih atau Over Dimension dan Overload (ODOL) dilarang melewati jalan tol ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Tol Trans Sumatera (JTTS).

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menjelaskan dengan teknologi Weight-in-Motion, seluruh kendaraan yang melintas menuju Gerbang Tol (GT) Lematang secara otomatis tertimbang muatan kendaraannya, sehingga pada saat proses tapping sudah terdeteksi hasil timbangannya.

β€œKendaraan yang didapati overload akan didatangi petugas dan tidak diperbolehkan untuk masuk tol atau diputarbalikkan,” ujar Koentjoro, Selasa (4/10/2022).

Kebijakan tersebut sekaligus mendukung program menuju Zero ODOL 2023 hingga mengurangi jumlah kendaraan ODOL yang melintas.

Koentjoro mencatat, sejak penerapan WIM pada 2019, tercatat kurang lebih 40 kendaraan ODOL diputarbalikkan setiap bulan di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter).

Kendaraan yang diputarbalikkan rata-rata kendaraan Golongan II dan III.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menilai kendaraan ODOL sangat merugikan banyak pihak, selain rentan terjadi kecelakaan dikarenakan sistem rem yang tidak maksimal dan memiliki blind spot yang besar, kendaraan ODOL juga dapat merusak perkerasan jalan.

"Sehingga kami galakkan terus edukasi terkait ODOL ini agar terus menjaga kualitas jalan tol yang dikelola demi keamanan dan kenyamanan dari pengguna jalan tol,” tutur dia.

Adapun dalam mengantisipasi melintasnya kendaraan ODOL di jalan tol yang dikelola, Hutama Karya juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Daerah untuk melakukan razia kendaraan ODOL di seluruh ruas tol yang dikelola yang belum dipasangkan alat WIM.

Razia dilakukan secara berkala di ruas-ruas lainnya, seperti bulan lalu di Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka) dan Jalan Tol Pekanbaru – Dumai (Permai) dan ke depan rencananya juga akan dipasangkan alat WIM di ruas-ruas lainnya juga seperti Jalan Tol Pekanbaru – Dumai yang sudah direncanakan pemasangannya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini