Share

20,2 Juta UMKM Sudah Terhubung pada Ekosistem Digital

Ikhsan Permana, MNC Portal · Selasa 25 Oktober 2022 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 25 455 2693908 20-2-juta-umkm-sudah-terhubung-pada-ekosistem-digital-8OjCFzlBUW.jpg Mayoritas UMKM Sangat Bergantung pada Internet. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mencatat 86% UMKM masih bergantung pada internet untuk menjalankan kegiatan usahanya.

Selain itu, 73% pelaku UMKM memiliki akun pada lokal pasar digital dan 82% berpromosi melalui internet. Sehingga, adaptasi transformasi digital sangatlah penting.

Baca Juga: Sindir Investor Enggan Kerjasama dengan UMKM, Menteri Bahlil: Kami di Sini Asas Gotong Royong

"Adaptasi transformasi digital menjadi kunci untuk UMKM agar lebih resilien," ungkapnya saat menyampaikan sambutan dalam acara B20 Digital ID Workshop: Scaling Trust in the Digital World dikutip, Selasa (25/10/2022).

Dia menjelaskan, UMKM yang menyumbangkan 61% produk domestik bruto (PDB) Indonesia memiliki peran utama terutama dalam peta ekonomi digital.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman Usaha untuk UKM

"Sebanyak 20,2 juta saat ini sudah terhubung pada ekosistem digital, platform e-commerce menurut data IDEA bulan Agustus tahun ini," terang Menteri Teten.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Sedangkan, sebanyak 1,6 juta produk UMKM sudah on boarding di e-catalog belanja pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

"Sekarang sudah ada keharusan 40% belanja pemerintah pusat dan daerah harus membeli produk koperasi dan UMKM," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini