Share

Tak Hanya Infrastruktur dan IKN, Sri Mulyani Ungkap Uang Negara Lebih Besar Dihabiskan untuk Pendidikan

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Minggu 30 Oktober 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 30 320 2697207 tak-hanya-infrastruktur-dan-ikn-sri-mulyani-ungkap-uang-negara-lebih-besar-dihabiskan-untuk-pendidikan-tUk0y7eKZp.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan pemerintah telah menggelontorkan anggaran yang cukup besar untuk pengembangan sumber daya manusia. Mulai dari pendidikan, jaring pengaman sosial, hingga bantuan langsung termasuk subsidi.

Menurutnya total anggaran yang digelontorkan tersebut bahkan lebih besar dari sekedar anggaran tahunan untuk pembangunan infrastruktur bahkan pembangunan Ibu Kota Nusantara.

"Walaupun sering mahasiswa menyorotinya infrastruktur, apalagi kalau bahas IKN, padahal yang paling besar itu Rp612 triliiun itu untuk pendidikan (peningkatan kualitas SDM)," kata Sri Mulyani, Minggu (30/10/2022).

Dia menyebut salah satu penggunan uang negara yang paling penting adalah untuk berinvestasi di bidang sumber daya manusia. Hal tersebut di wujudkan dalam melakukan peningkatan di sektor pendidikan.

"Itu (Rp612 triliun) untuk berbagai macam, untuk pendidikan usia dini, dasar, menengah, sampai tinggi, bahkan sampai pasca sarjana, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga jaring pengaman sosial," sambungnya.

Sri Mulyani menjelaskan hal itu sesuai amanat undang-undang, bahwa 20% dari APBN harus digunakan untuk belanja pendidikan. Bahkan pada tahun 2023 mendatang anggaran untuk pendidikan naik menjadi Rp612 triliun.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Anggaran 2023 itu tercatat naik sekitar 5,8 persen dari perkiraan (outlook) anggaran pendidikan tahun ini di angka Rp574,9 triliun. Kenaikan terutama berasal dari penambahan belanja pemerintah pusat dan TKD (transfer ke daerah).

"Oleh karena itu Investment di bidang sumber daya manusia itu selalu menjadikan bagikan terbesar didalam keuangan negara," kata Sri Mulyani.

Bukan hanya pendidikan, Sri Mulyani mejelaskan dalam menguatkan sumber daya manusia Pemerintah juga menyediakan jaring pengaman sosial. Sebab menurutnya kebahagiaan menjadi salah kunci masyarakat mengecar cita-citanya

"Jadi itu bagian dari keunahaj negara untuk investasi untuk kepada SDM, Agara menjadi manusia yang sehat, manusia yang bisa mengejar cita-citanya, sehingga mereka semua menjadi manusia yang bahagia," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini