Share

Jokowi dan Xi Jinping Bakal Saksikan Tes Dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ini Jadwalnya

Heri Purnomo, MNC Portal · Minggu 30 Oktober 2022 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 30 320 2697209 jokowi-dan-xi-jinping-bakal-saksikan-tes-dinamis-kereta-cepat-jakarta-bandung-ini-jadwalnya-ZDCRdIY8xR.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan menyaksikan dynamic tes Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung pada bulan November mendatang.

"Tanggal 16 November jam 4 sore, kira-kira. Itu nanti akan ada dynamic test disaksikan Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping (lewat) Zoom dari Bali," ujar Luhut dalam keterangan tertulisnya (30/10/2022).

Luhut mengungkapkan bahwa terkait dengan cost overrun atau pembengkakan biaya proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudsh tidak ada masalah.

"Saya rasa tidak ada masalah ya. Overrun cost sudah bisa diatasi sesuai proporsi dan pinjaman," katanya.

Adapun terkait dengan pembiayaan pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Luhut mengatakan saat ini pemerintah sedang menghitung besaran biayanya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, Luhut juga belum dapat memastikan investor mana yang akan melanjutkan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya.

"Kita lagi hitung, saya pikir kelanjutannya karena cost-nya pasti jauh lebih murah dari Bandung sampai ke Surabaya, karena Jawa ini akan jadi kota pulau. Jadi transportasi ke kereta api cepat itu sudah harus menjadi hal yang mutlak," ungkap Luhut.

"Yang mana aja yang menguntungkan, kita pakai yang mana aja. Jadi kita jangan atau terlalu tergantung pada sesuatu, tetapi yang memberikan tawaran terbaik, mau teknologi transfer itu yang kita akan tuntaskan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini