Share

Daftar 3 Artis yang Pernah PHK Karyawan, Siapa Saja?

Risa Maharani Putri, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 320 2713445 daftar-3-artis-yang-pernah-phk-karyawan-siapa-saja-HFJ6dZZHYa.JPG Inul Daratista. (Foto: Instagram)

JAKARTA - Sejumlah perusahaan di Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawannya.

Bahkan, jumlah karyawan yang terkena PHK mencapai ribuan orang.

Alasan di balik keputusan PHK itu beragam.

Ada yang dilakukan sebagai bentuk efisiensi kebijakan bisnis, karena situasi pasar global yang memburuk, hingga terjadinya penurunan omzet.

 BACA JUGA:Kena PHK Ruangguru, Eks Karyawan Ini Akui Kapok Kerja di Startup

PHK tersebut terjadi pula pada perusahaan atau bisnis milik artis. Puncaknya ketika terjadi pandemi di tahun 2020.

Para artis banyak yang terpaksa memecat karyawannya. Hal tersebut sebenarnya tidak ingin dilakukan, akan tetapi keadaan mendesak.

Berdasarkan catatan Okezone, Rabu (23/11/2022), berikut daftar artis yang pernah melakukan PHK terhadap karyawannya:

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

1. Inul Daratista

Pedangdut senior Inul Daratista terpaksa memutuskan hubungan kerja terhadap ribuan karyawannya karena tidak sanggup lagi menggaji karyawan.

Hal tersebut terjadi pada akhir tahun 2020, bersamaan dengan pandemi Covid-19. Pandemi yang berlangsung membuat beberapa tempat karaoke milik Inul harus tutup karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Inul mengatakan ada 20 cabang di Jakarta yang terpaksa tutup. Dengan masing-masing cabang terdapat 75 pegawai.

Sebenarnya PHK bukanlah menjadi opsi pertama Inul. Ketika itu ia sudah mencoba untuk tetap menggaji karyawannya dengan uang pribadinya, namun hal tersebut dianggap tidak bisa dilakukan secara terus-menerus.

Pasalnya usaha karaokenya tutup cukup lama. PHK ini dilakukan untuk karyawan yang berada di Jakarta. Namun, pada bulan November 2021 lalu tempat karaoke ‘Inul Vizta’ sudah beroperasi kembali.

2. Rizky Billar

Pada awal November 2022 lalu, Rizky Billar dan Lesti Kejora resmi menutup platform digital milik mereka, Leslar Entertainment.

Penutupan platform tersebut dilakukan setelah sebelumnya pasangan ini menghebohkan publik karena kasus KDRT yang dilakukan Rizky Billar terhadap Lesti Kejora.

Pasangan ini mengumumkan bubarnya Leslar Entertainment melalui manajer mereka, Ariel Lobster.

Pembubaran Leslar Entertainment dilakukan karena Lesti Kejora dan Rizky Billar diboikot oleh seluruh TV di Indonesia karena kasus KDRT.

Selain itu kasus KDRT juga berdampak pada bisnis mereka yang memaksa mereka menempuh jalan PHK terhadap para karyawannya.

3. Nikita Mirzani

Artis sensasional Nikita Mirzani juga sempat melakukan PHK kepada beberapa karyawannya. Usaha yang dijalani bersama sahabatnya terpaksa harus Nikita tutup karena dampak dari pandemi Covid-19. PHK tersebut terjadi ketika awal Covid-19 merebak di Indonesia, tepatnya pada April 2020 lalu.

Nikita Mirzani melakukan PHK kepada 110 karyawannya.

Pilihannya itu memang cukup berat dilakukan, namun Nikita mengaku sudah tidak sanggup menggaji karyawan ketika usahanya tidak lagi beroperasi. Sebelum melakukan PHK, Nikita Mirzani memastikan sudah membayar penuh segala hak para karyawannya.

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini