Share

Soroti Harga Komoditas Global, Sri Mulyani Waspadai Tahun 2023

Michelle Natalia, MNC Portal · Kamis 24 November 2022 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 320 2713993 soroti-harga-komoditas-global-sri-mulyani-waspadai-tahun-2023-k6ahpd6eSg.JPG Sri Mulyani. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti volatilitas harga komoditas global sebagai tantangan bagi Indonesia di tahun 2023.

Untuk saat ini, harga komoditas masih terpantau tinggi dan cenderung volatile.

"Namun, pelemahan demand atau permintaan mulai memengaruhi harga energi, sementara beberapa komoditas pangan mulai menunjukkan tendensi kenaikan kembali," ujar Sri dalam konferensi pers APBN KITA edisi November 2022 di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Dia mengatakan bahwa harga gas alam dalam tren melambat seiring dengan mulainya pelemahan demand, minyak bumi yang upstick kini menurun, sementara batu bara masih relatif tinggi.

 BACA JUGA:Beras Jadi Komoditas Pangan dengan Harga yang Terus-terusan Naik

"Dengan harga yang tinggi, atau terjemahannya adalah inflasi, banyak negara yang kemudian mengalami pelemahan dan itu kemudian terwujud dalam bentuk permintaan yang mulai melemah, sehingga ini berpengaruh juga terhadap pergerakan harga komoditas," ungkap Sri.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara itu, harga komoditas pangan juga mulai dibayangi pelemahan demand, namun beberapa masih sensitif terhadap faktor cuaca dan geopolitik, misalnya komoditas kedelai.

"Ini yang nantinya akan kita lihat dan waspadai untuk tahun 2023 dalam merespon kondisi global dan ekonomi kita sendiri," tandas Sri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini