Share

Tekuk Dolar AS, Rupiah Sore Ini Menguat ke Level Rp15.664/USD

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Kamis 24 November 2022 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 320 2714199 tekuk-dolar-as-rupiah-sore-ini-menguat-ke-level-rp15-664-usd-BMZrK71nj3.jpeg Kurs Rupiah menguat. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Tekuk dolar AS, nilai tukar Rupiah sore ini ditutup menguat 22 poin ke level Rp15.664. Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi, mengatakan, penguatan ini justru berlawanan dengan keadaan yang terjadi di dalam negeri.

Dia memaparkan, prospek ekonomi global diprediksi akan melambat dan mempengaruhi Indonesia. Hal itu telah berulang kali disampaikan oleh pejabat pemerintah.

"Tidak ada pemangku jabatan yang mengatakan Indonesia akan alami resesi. Namun ada kesamaan pandangan bahwa kondisi global cukup berat maka perlu ada kehati-hatian," terang Ibrahim dalam rilis hariannya, Kamis (24/11/2022).

Di sisi lain, dengan aksi Bank Indonesia yang menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin menjadi 5,25%. Hal itu dilakukan sebagai langkah meredam inflasi serta memperkuat stabilisasi nilai tukar rupiah.

"Artinya pengetatan demand, menurunkan demand, dalam rangka untuk mengurangi tekanan inflasi," jelasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara, dolar AS secara luas melemah pada hari ini karena investor mendorong prospek laju kenaikan suku bunga yang lebih lambat dari Federal Reserve.

"Pembacaan yang ditunggu-tunggu dari pertemuan Fed 1-2 November menunjukkan para pejabat sebagian besar puas bahwa mereka sekarang dapat bergerak dalam langkah-langkah yang lebih kecil. Bulan ini, The Fed menaikkan suku bunga utamanya sebesar tiga perempat poin persentase untuk keempat kalinya berturut-turut dalam upaya untuk menjinakkan inflasi yang sangat tinggi," beber Ibrahim.

Di samping itu, ia memprediksi, untuk perdagangan besok, Jumat (25/11) mata uang rupiah dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp15.640 - Rp15.690.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini