Share

KA Makassar Beroperasi, Menhub: Ini Cita-Cita Kita Punya Kereta Api di Sulawesi

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 320 2719364 ka-makassar-beroperasi-menhub-ini-cita-cita-kita-punya-kereta-api-di-sulawesi-zBzJCKGQX4.jpg Menhub Sebut Kereta Api Makssar Jadi Sejarah. (Foto: Okezone.com/BKIP)

JAKARTA - Kereta Api ruas Pangkajene Kepulauan (Pangkep) menuju Maros, yang menjadi bagian dari proyek pembangunan Kereta Api jalur Kota Makassar-Kota Parepare, Sulawesi Selatan, sudah beroperasi terbatas. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun menghadiri pengoperasian jalur tersebut.

“Hari ini adalah hari yang bersejarah karena cita-cita kita mempunyai kereta api di Sulawesi dapat terwujud, sesuai dengan paradigma pembangunan Indonesia sentris yang tidak terpusat di Jawa," kata Menhub, dikutip dari Antara, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Pembangunan Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Masih Dibahas, Elevated atau Tidak?

Rencananya pada Mei 2023 mendatang akan dilanjutkan dengan peluncuran operasional atau peresmian operasi dan dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo.

"Mei 2023 nanti kita akan lakukan grand launching dan diharapkan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo," katanya.

Baca Juga: Kasus Penembakan Pegawai Dishub Makassar, Polisi: Proyektil Berasal dari Pabrikan

Jalur kereta api Makassar-Parepare memiliki panjang total 142 Km, merupakan bagian dari rencana pembangunan kereta api Trans Sulawesi yang menghubungkan seluruh provinsi di Pulau Sulawesi.

Proyek pembangunan kereta Makassar-Parepare dibangun mulai tahun 2015, menggunakan sejumlah instrumen pembiayaan yakni APBN, APBD, pendanaan kreatif non APBN (KPBU, LMAN, SBSN).

Proyek Kereta Api Makassar-Parepare tersebut mengimplementasikan UU Perkeretaapian karena memiliki operator prasarana, operator sarana, dan melibatkan badan usaha.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Proyek KA ini melayani konektivitas pada lima wilayah Kabupaten Kota di Sulsel yaitu Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kabupaten Barru, Kota Makassar, dan Kota Parepare.

Selain untuk mendukung mobilitas pergerakan manusia, jalur kereta api Makassar-Parepare juga akan mendukung kelancaran distribusi logistik karena melewati beberapa pelabuhan dan kawasan industri semen yang ada di Sulsel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini