Share

Pulau di Indonesia Tidak Dijual, Menko Luhut: Hanya Bisa Dikelola

Fayha Afanin Ramadhanti, Okezone · Minggu 04 Desember 2022 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 320 2720325 pulau-di-indonesia-tidak-dijual-menko-luhut-hanya-bisa-dikelola-sYjZoueF9b.jpg Pulau Indonesia Tidak Dijul! (Foto: Okezone.com/Freepi)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan kembali menegaskan bahwa tidak ada pulau di Indonesia yang bisa dimiliki seseorang. Tapi hanya bisa dikelola.

Menko Luhut melalui Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menerangkan seperti area Kepulauan Widi di Maluku Utara yang akan dilelang pada situs lelang asing Sotheby's Concierge Auctions.

Baca Juga: 100 Pulau Indonesia di Dekat Bali Akan Dilelang pada Penawar Tertinggi

Menurutnya, area tersebut telah memiliki izin pengelolaan antara pihak swasta dengan pemerintah provinsi setempat.

"Izin pengelolaan tersebut diberikan kepada PT Leadership Islands Indonesia (LII) sejak lama, namun kabarnya hingga kini belum ada realisasi pembangunannya hingga kemudian muncul kabar lelang tersebut," kata Jodi, dalam keterangannya, Minggu (4/12/2022).

Baca Juga: Tak Hanya Kelor Labuan Bajo, Ini 5 Pulau Lain yang Pernah Dijual Online

Meski sudah memiliki izin, pemerintah Indonesia telah memiliki peraturan perundangan yang menyatakan bahwa pulau-pulau kecil tidak bisa dimiliki oleh pihak mana pun secara utuh.

Follow Berita Okezone di Google News

“Pulau kecil hanya bisa dikelola oleh privat/individu tertentu dengan batasan area maksimal tertentu,” katanya.

Jodi mengatakan, apabila perizinan pengelolaan pulau kecil telah didapatkan perusahaan/subjek hukum nasional, maka proses kerja sama investasi dengan pihak asing juga harus dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini