Share

Ke Bandung Naik KA Cepat 3 Kali Ganti Kereta, Ini Rutenya

Heri Purnomo, MNC Portal · Selasa 06 Desember 2022 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 320 2721794 ke-bandung-naik-ka-cepat-3-kali-ganti-kereta-ini-rutenya-ayWbCL7uE0.jpg Naik Kereta Cepat ke Bandung. (Foto: Okezone.com/KCIC)

JAKARTA - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) beroperasi Juni 2023. Menggunakan Kereta Cepat dari Jakarta ke Bandung hanya membutuhkan 30-40 menit dengan tarif Rp250.000 sampai Stasiun Tegalluar.

Bagi masyarakat yang ingin pergi dari Jakarta ke Bandung, bisa naik moda transportasi teritegrasi kereta cepat, yakni KRL dan LRT.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan dua layanan kereta api yang menghubungkan pusat Kota Jakarta dan Bandung dengan Stasiun Kereta Cepat. Layanan tersebut adalah LRT Jabodebek dan KA Feeder KCJB.

Baca Juga: KA Parahyangan Tak Akan Jadi Kereta Barang, Ini Penjelasan Stafsus BUMN

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penumpang dapat menggunakan LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun LRT Jabodebek Halim dengan waktu 20 menit dengan headway pada jam sibuk mencapai 8 menit sekali.

"Pelanggan nantinya dapat langsung berpindah dari Stasiun LRT Jabodebek Halim ke Stasiun KCJB Halim karena kedua layanan tersebut telah terintegrasi pada lokasi yang sama," katanya, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: Segera Beroperasi, Kereta Cepat Bikin Jakarta-Bandung Jadi Komuter

Sementara itu, masyarakat juga dapat menggunakan KRL Commuterline menuju stasiun yang terkoneksi dengan LRT Jabodebek yaitu Stasiun Sudirman dan Cawang untuk selanjutnya meneruskan perjalanan menggunakan LRT ke Stasiun KCJB Halim.

Setelah menempuh perjalanan LRT Jabodebek selama 20 menit, perjalanan KCJB dari Stasiun KCJB Halim menuju Stasiun KCJB Padalarang akan ditempuh hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Di Padalarang, tersedia layanan KA Feeder yang jadwalnya menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KCJB. Adapun waktu tempuh KA Feeder KCJB untuk menuju Stasiun Bandung adalah hanya 18 menit.

"Dengan menggunakan layanan kereta api yang sudah terkoneksi tersebut, maka total waktu yang dibutuhkan antar pusat Kota Jakarta dan Bandung sekitar satu jam perjalanan. Dengan teknologi dan SDM terbaik KAI akan memastikan bahwa seluruh perjalanan kereta api tersebut beroperasi tepat waktu seperti layanan KAI yang sudah ada saat ini," tegas Joni.

Dengan demikian, menuju Kota Bandung dari pusat Jakarta butuh tiga kali ganti kereta, mulai dari LRT Jabodebek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan KA Feeder dari Padalarang

Berbeda halnya jika masyarakat menggunakan KA Argo Parahayangan. Masyarakat dari Jakarta dapat langsung menuju Kota Bandung dengan membayar tarif Rp150.000 hingga Rp170.000 namun membutuhkan waktu 3 jam perjalanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini