Share

Bank Mandiri Investasi Rp800 Juta ke Wirausaha Muda

Anggie Ariesta, MNC Portal · Jum'at 09 Desember 2022 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 455 2723604 bank-mandiri-investasi-rp800-juta-ke-wirausaha-muda-7E0jyFBxzO.png Wirausaha Muda Mandiri. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyalurkan investasi Rp800 juta kepada para wirausaha muda dari berbagai sektor. Hal ini disampaikan dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022

Dalam tahap ini, perwakilan dewan juri di antaranya Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN Tedi Bharata, Presiden Direktur Medco Energy Hilmi Panigoro dan Public Figure sekaligus Entrepreneur Christian Sugiono.

Adapun, Top 4 WMM 2022 yang berhadapan dengan para dewan juri yang pertama adalah Alvin Tanto dari kategori Teknologi sekaligus peraih Golden Ticket dengan nama usaha 3Dprint.ID. 3DPrint.ID (3DID) adalah perusahaan manufaktur digital di bawah nama CV Triputra Kencana Persada.

3Dprint.ID memproduksi mesin-mesin cetak tiga dimensi yang Tangguh, Presisi, dan Handal. Fokus dan komitmen 3DPrint.ID adalah pemenuhan use-case unik tiap pengguna menciptakan hubungan yang erat antara 3DID dan para pelanggan.

Baca Juga: Keren, Pemuda Ini Buat Aplikasi yang Bantu Petani dengan Teknologi

Alvin sempat mendapat pertanyaan dari Dirut Mandiri Darmawan Junaidi mengenai potensi pasar dalam negeri. Selanjutnya dijawab dengan mudah oleh Alvin mengingat kliennya tak hanya dari luar negeri.

Kemudian ada Indra Purwidiyanto dari kategori kreatif dengan usaha bernama Naruna Keramik yang merupakan usaha di bidang kriya dan memproduksi keramik dari bahan material 100% lokal dengan desain khas Indonesia.

Indra juga mendapat pertanyaan yang hampir sama dari Dirut Mandiri Darmawan Junaidi. Indra mengaku sudah mengekspor ke 25 negara dan akan terus ekspansi.

Baca Juga: Viral! Toko Roti Legend Berdiri 82 Tahun, Netizen: Semoga Tetap Laris Tak Termakan Zaman

Selanjutnya, Dian Prayogi dari Jawa Barat yang merupakan pendiri usaha Habibi Garden. Berkategori sosial, Habibi Garden hadir untuk membantu petani Indonesia "berbicara" dengan tanaman melalui teknologi IoT. Teknologi buatannya ini mampu membaca parameter kunci pertanian seperti temperatur, pH, kadar nutrisi N P K, kelembaban tanah, dan prediksi curah hujan. Data tersebut akan disimpan dalam cloud dan diolah oleh machine learning algoritma sehingga petani dapat memahami tanamanya dan memberikan dosis pupuk sesuai dengan kebutuhannya.

Berbeda dari peserta lain, Dian mendapat pertanyaan dari perwakilan juri Deputi SDM BUMN Tedu Bhatara dan Dirut Mandiri Darmawan Junaidi. Dian ditanya soal apakah dia menjalankan bisnis sendiri atau dengan tim, serta berapa profit yang didapat.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Terakhir, Benita selian dengan nama usaha Smoothie Theory dari kategori Boga. Smoothie Theory adalah smoothies sehat yang terbuat dari 100% buah dan sayuran asli tanpa tambahan gula. Smoothie Theory bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan dan kesadaran hidup sehat masyarakat Indonesia bahwa hidup sehat itu mudah, menyenangkan, dan tidak mahal.

Benita mendapat pertanyaan dari Christian Sugiono tentang perbedaan produknya dengan merek lain. Jika mendapat investasi, Christian juga memastikan kemana target pasar yang akan dicapai Benita, dan Benita menjawab Indonesia Timur.

Setelah selesai, perwakilan dewan juri sempat berdiskusi menentukan pemenang dari investasi Bank Mandiri ini.

Setelah proses panjang dari ribuan peserta hingga Top 4 WMM 2022, terpilihlah satu pemenang dengan investasi senilai Rp290 juta. Pemenang WMM 2022 dengan total investasi Rp290 juta jatuh kepada Indra Purwidiyanto dari kategori kreatif.

Pemenang kedua datang dari Dian Prayogi dengan mendapat investasi Rp255 juta.

Posisi ketiga ada Alvin Tanto dari kategori teknologi senilai Rp180 juta. Terakhir ada Benita dari kategori boga mendapat investasi senilai Rp75 juta.

Usai rangkaian WMM 2022, Bank Mandiri mengajak masyarakat merasakan langsung keseruan serta memperoleh ilmu baru dalam acara WMM Fest 2022.

WMM Fest 2022 digelar pada hari 9-11 Desember 2022 mulai pukul 11.00 WIB di Plaza Barat Senayan, Gelora Bung Kartno (GBK), Jakarta. WMM Fest akan dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan, seperti Live Music Performance, Food and Beverage Festival, Talkshow, Fashion Show, hingga Expo Craft and Fashion.

Deretan artis juga akan memeriahkan WMM Fest 2022, di antaranya Dewa19 feat Ello, Gigi, Maliq & D'Essentials, Rizky Febian, Evan Loss, Setia Band, Element, Andien, Kunto Aji, Goodnight Electric, Lalahuta, Teddy Adhitya, Barasuara, hingga Fourtwnty dan masih banyak lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini