Share

Google Umumkan PHK 12.000 Karyawan, Apa Alasannya?

Clara Amelia, Okezone · Senin 23 Januari 2023 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 320 2751361 google-umumkan-phk-12-000-karyawan-apa-alasannya-lHYwz0UWOY.jpg Google PHK 12.000 karyawan (Foto: Unsplash)

JAKARTAGoogle melakukan Pemutusan Hubungan Karyawan (PHK) massal terhadap 12.000 pegawai. Karyawan Google yang terkena PHK meminta jawaban dari direksi atas keputusan perusahaan.

Alphabet Google diketahui melakukan pemotongan terhadap 12.000 karyawannya atau sekitar 6% dari tenaga kerja penuh waktu pada Jumat lalu.

Mengutip dari CNBC Internasional, Senin (23/1/2023), karyawan sebenarnya sudah siap akan potensi PHK, namun mereka mempertanyakan tentang kriteria Google dalam melakukan PHK. Hal ini dikarenakan PHK yang terjadi telah mengejutkan beberapa karyawan sebab mereka yang terdampak adalah karyawannya yang baru dipromosikan.

Tak lama setelah pemberitahuan PHK dikirim kepada karyawan pada Jumat pagi, Bos pencarian Google Prabhakar Raghavan mengirim email yang mengatakan bahwa dirinya juga merasa bertanggung jawab menjangkau dan meminta karyawan untuk menyimpan pertanyaan yang bisa diajukan pekan depan di balai kota.

Meskipun Google telah menyediakan daftar pertanyaan dan jawaban (FAQ), tetapi karyawan tetap mengeluh karena menurutnya perusahaan tidak memberikan jawaban yang mendetail.

Karyawan pun bertanya-tanya hingga mendirikan komunitas virtual untuk mencari tahu kriteria apa yang ditetapkan perusahaan dalam melakukan PHK. Sayangnya, Google tidak segera menanggapi komentar yang telah dilontarkan.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Daftar pertanyaan dari karyawan yang paling atas berisikan pertanyaan tajam ditujukan kepada para eksekutif.

“Bagaimana PHK dilakukan? Beberapa karyawan berkinjerja tinggi dikeluarkan dari tim kami,” komentar peringkat teratas.

“Hal ini berdampak negatif bagi karyawan Google lainnya yang melihat seseorang dengan pengakuan tinggi, ulasan positif, dan sudah dipromosikan, namun tetap diberhentikan,” lanjutnya.

Ada juga beberapa karyawan yang berkumpul dan mengorganisir kelompok ad hoc untuk mencoba mendapatkan jawaban. Mereka membuat spreadsheet dokumen sebagai cara untuk melacak karyawan terdapak PHK dan bagian mereka bekerja.

Terdapat lebih dari 5.000 karyawan terdampak PHK membentuk komunitas di Discord yang dinamakan Google Pasca PHK. Bahkan beberapa juga mengatur rapat Google virtual dengan orang-orang melalui panggilan video, sisanya mencoba untuk pertemuan langsung atau fisik.

Adapun karyawan yang membuat meme internal perusahaan sebagai sarana untuk terhubung satu sama lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini