Share

Lion Air Tawarkan Refund Tiket Usai Pesawat Tabrak Garbarata

Heri Purnomo, MNC Portal · Kamis 26 Januari 2023 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 26 320 2753519 lion-air-tawarkan-refund-tiket-usai-pesawat-tabrak-garbarata-cmqObuJbkQ.jpg Lion Air. (Foto: Lion Air)

JAKARTA - Lion Air Group menyampaikan permohonan maaf karena pesawatnya dengan nomor penerbangan JT-797 menabrak garbarata Bandara Mopah Merauke, Papua Selatan hari ini, Kamis (26/1/2023).

"Lion Air menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul," kata Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis siang ini.

Atas insiden tersebut, Danang mengatakan Lion Air menyediakan fasilitas kepada seluruh penumpang berdasarkan ketentuan yang berlaku antara lain memindahkan penerbangan (transfer flight) pada maskapai lain yang disesuaikan ketersediaan kursi.

 BACA JUGA:Penjelasan Lion Air soal Pesawat Tabrak Garbarata Bandara Mopah Merauke

"Proses pengembalian dana tiket (refund) sesuai permintaan penumpang serta lainnya," katanya.

Danang menjelaskan bahwa pesawat Lion Air penerbangan JT-797 telah dipersiapkan secara baik mengikuti standar operasional prosedur (SOP).

Follow Berita Okezone di Google News

Dia mengatakan sebelum keberangkatan pesawat sudah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan lebih awal (pre-flight check) dengan hasil layak dan aman dioperasikan (airworthy for flight).

Setelah persiapan layanan dan penanganan darat selesai, pesawat bersiap dan mulai bergerak perlahan di area parkir pesawat (apron).

"Dalam proses itu terjadi hambatan di area sebelah kanan pesawat. Dalam memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke titik parkir guna dilakukan pemeriksaan," katanya.

"Hasil pengamatan, lekukan ujung sayap bagian kanan menyentuh (gesekan) pada bagian luar bangunan garbarata bandar udara," tambahnya.

Sementara itu, Danang mengatakan pihaknya tidak ingin berspekulasi terkait penyebab insiden tersebut.

Dia menjelaskan saat ini pihaknya bersama pihak berwenang sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut perihal penyebab insiden tersebut.

"Lion Air tidak dapat berspekulasi atau memberikan keterangan mengenai penyebab. Proses investigasi membutuhkan waktu signifikan untuk mendapatkan rekomendasi," pungkasnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini