nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waskita Groundbreaking LRT Palembang Bulan Ini

Hendra Kusuma, Jurnalis · Senin 02 November 2015 20:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 02 320 1242459 waskita-groundbreaking-lrt-palembang-bulan-ini-xbe1i6G51w.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Pemerintah telah menunjuk PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) untuk membangun LRT Palembang yang akan digunakan sebagai fasilitas penunjang penyelenggaraan ASEAN Games 2018.

Direktur Utama PT Wasikta M Choliq memprediksi, investasi pembangunan prasaranan LRT Palembang sekitar Rp7 triliun untuk total pembangunan sepanjang 26 kilometer (km).

"Di situ Waskita sebagai contracting, bukan investor. Hanya contractingnya pembayaran semi turn key. Tahun 2016 belum dianggarkan oleh APBN," kata Choliq di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (2/11/2015).

Choliq menyebutkan, investor dari pembangunan LRT Palembang adalah murni pemerintah. Di mana, target penyelesaian pembayaran dan pembangunan selesai pada pertengahan 2018.

"Pihak swasta itu ada di rolling stock-nya, keretanya, kontraktornya bisa saja KAI. Untuk prasarananya, full APBN," tambahnya.

Mengenai groundbreaking, kata Choliq akan dilaksanakan pada November tahun ini. "Insha Allah bulan ini, Oh iya Waskita dong. Kalau ga cepet, bukan Waskita," ujarnya.

Choliq mengakui, proses groundbreaking dilakukan dengan cepat lantaran tidak melalui proses tender, melainkan penunjukan yang dilengkapi pula dengan proses audit BPKP.

"Pertengahan 2018 sebelum sea games operating. Kalo kontrak belum. Panjang. Gb didului. Ini bukan tender, kan? Ada proses verifikasi BPKP," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini