Share

Hanya di Indonesia, Gipsum Dipakai untuk Plafon Ketimbang Dinding

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2016 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 21 470 1443656 hanya-di-indonesia-gipsum-dipakai-untuk-plafon-ketimbang-dinding-VAItBnoxcm.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Berbeda dengan negara-negara lainnya. Di Indonesia, keberadaan material papan gipsum 90 persen masih lebih banyak digunakan untuk plafon daripada untuk partisi atau dinding.

Managing Director PT Saint-Gobain Construction Products Indonesia Hantarman Budiono mengatakan, hal itu dikarenakan masyarakat Indonesia belum terbiasa menggunakan gipsun untuk dinding. (Baca juga: RI Kalah dengan Malaysia dan Singapura soal Pemakaian Gipsum)

"Menurut catatan kita 95 persen masih digunakan untuk langit-langit, masih sangat terbatas ke drywall, belum teredukasi juga," ujar Hantarman, di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Hantarman mengatakan, dengan banyaknya investor properti yang masuk ke Indonesia, hal tersebut bisa menjadikan gipsum lebih membumi di Indonesia.

"Banyak investor luar yang masuk itu bagus, karena mereka sudah tahu harus pakai drywall," tuturnya.

Dia pun menambahkan, dalam waktu tidak lama lagi masyarakat Indonesia diperkirakan akan lebih mengenal dan melihat gipsum untuk drywall. Hal tersebut dikarenakan harga properti yang kian lama semakin mahal. (Baca juga: Sistem Drywall Mampu Hemat Biaya Konstruksi hingga 17%)

"Jadi sudah mulai menuju ke sana (menggunakan drywall), karena selain cepat dan ekonomis, perawatannya mudah dan simpel," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini