Image

Bappenas: Negara Kaya Sumber Daya Alam Berpotensi Tidak Maju

Trio Hamdani, Jurnalis · Sabtu 12 November 2016, 16:27 WIB
https img okeinfo net content 2016 11 12 20 1539766 bappenas negara kaya sumber daya alam berpotensi tidak maju h2OIL9Tq80 jpg Menteri PPN Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Okezone)

JAKARTA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan, tidak ada satu pun negara maju yang meraih kesuksesannya dengan hanya mengandalkan sumber daya alamnya (SDA). Untuk itu, jika Indonesia ingin bangkit menjadi negara maju, dia mengimbau agar negara ini tidak terus-menerus mengandal SDA saja.

Dia pun menuturkan, ada asumsi mengenai kutukan yang diterima oleh negara-negara yang kaya akan SDA. "Negara yang kaya sumber daya alam itu justru malah berpotensi enggak maju-maju," ujar Bambang, dalam sambutan diskusi di Perbanas Institute, Sabtu, (12/11/2016).

Dengan kekayaan SDA yang berlimpah di Indonesia, Bambang, mengatakan, jangan sampai hal itu membuat rakyat Indonesia terperdaya dan terus menerus berfokus hanya mengekspor barang-barang mentah saja. Harus bisa memikirkan dan berupaya bagaimana memberikan nilai tambah pada bahan mentah ekspor untuk mendapatkan hasil yang lebih.

"Jangan sampai kita terjebak sebagai negara yang tidak punya keinginan untuk nilai tambah," tegas Kepala Bappenas itu.

Sebab, menurut Bambang, hal itu akan membuat bangsa asing merasa senang karena bisa meraih keuntungan lebih dengan membeli produk-produk mentah alam kepada mereka. "Pemodal asing akan dengan segala cara membujuk kita untuk tidak memikirkan nilai tambah," terangnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini