Image

Indonesia Power Berencana Bangun PLTBM di Marunda

ant, Jurnalis · Kamis 20 April 2017, 21:17 WIB
https img o okeinfo net content 2017 04 20 320 1672870 indonesia power berencana bangun pltbm di marunda gFNKs725yv jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Anak perusahaan PT PLN (persero) PT Indonesia Power berencana membangun pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBm) di Marunda untuk dapat memanfaatkan sampah yang ada di Jakarta Utara menjadi energi listrik.

General Manager PT Indonesia Power Unit Pembangkitan dan Jasa Pembangkitan (UPJP) Priok Herdiyanto Soekono mengatakan saat ini tim uji kelayakan (feasibility studi) tengah mencari lokasi yang sesuai, antara lain kemungkinannya adalah Bantar Gebang dan Marunda.

"Feasibility study sudah dilakukan untuk pembangkit listrik biomassa. Tim kami masih mencari target lokasi apakah di Bantar Gebang. Sudah ngobrol dengan Pemda Jakarta Utara, juga sedang memikirkan lokasi di Marunda," kata Herdiyanto usai peluncuran Kampung Sehat di Warakas, Jakarta Utara, Kamis (20/4/2017).

Ia menjelaskan Indonesia Power pada 2017 memang memiliki program pembangunan pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBm) dari sampah.

Indonesia Power berencana membangun pembangkit dengan kapasitas 2x10 megawatt (MW) sampai 2x15 MW. Meski tidak terlalu besar, Herdiyanto meyakini kapasitas terpasang tersebut bisa menyerap sampah yang signifikan.

"Kami merencanakan 2x10 MW sampai 2x15 MW. Kapasitasnya belum pasti, tapi dengan kapasitas seperti itu sudah jauh lebih dari cukup menyerap sampah signifikan. Daerah sini saja menghasilkan 1.300 truk sampah per hari untuk dikirim ke Bantar Gebang," ungkapnya.

Menurut dia, pemanfaatan sampah organik menjadi energi biomassa sudah tidak asing lagi di negara maju. Ia pun akan melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan Dinas Kebersihan.

Namun, ia tidak ingin mematok target pembangunan dapat dimulai karena perusahaan masih harus melakukan pembicaraan dengan pemprov setempat terkait program terpadu yang bisa dijalankan antara masyarakat dan pemerintah.

Energi biomassa merupakan salah satu energi terbarukan yang saat ini tengah dikejar pemerintah. Ada pun target bauran energi baru dan terbarukan (EBT) pada 2020 sebesar 17 %, sedangkan pada 2025 pemanfaatan EBT diharapkan mencapai 23 %.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini