nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Realisasikan Deklarasi 2012, Indonesia-Jerman Teken Kerjasama Maritim

ant, Jurnalis · Kamis 01 Juni 2017 10:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 01 320 1705050 indonesia-jerman-teken-kerjasama-maritim-xDlgXIkL9P.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Indonesia dan Jerman menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) untuk kerjasama di bidang kemaritiman.

Penandatangan MoU dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Deputi Perdana Menteri Jerman, yang juga merangkap sebagai Menteri Luar Negeri Jerman, Sigmar Gabriel, di kantor Kementerian Luar Negeri Jerman di Berlin.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, kerjasama bilateral tersebut merupakan implementasi dari deklarasi bersama antara RI-Jerman dalam kerjasama komprehensif yang dilakukan di Jakarta pada 12 Juli 2012.

Beberapa poin yang masuk dalam agenda kerjasama yakni kerjasama strategis maritim, keamanan dan keselamatan laut, investasi infrastuktur maritim, investasi galangan kapal, kerjasama riset, dan teknologi serta pelatihan.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Luhut didampingi oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Arif Havas Oegroseno, Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman Safri Burhanuddin, Dubes RI untuk Jerman Fauzi Bowo, serta beberapa staf khusus.

Selain menandatangani MoU bidang kemaritiman, Menko Luhut juga melakukan dialog dengan Deputi PM Jerman Sigmar Gabriel.

Kedua pihak mendiskusikan beberapa topik hangat termasuk geopolitik di kawasan, keamanan laut, counter terrorism, dan kerjasama strategis Indonesia-Jerman.

Pertemuan tersebut rencananya akan ditindaklanjuti dengan dua kunjungan balasan Deputi PM Jerman Sigmar Gabriel dan kunjungan Menteri Transportasi dan Infrastruktur Digital Jerman Alexander Dobrindt.

"Deputi PM Jerman akan datang ke Indonesia setelah Pemilu Jerman sekira akhir September atau awal Oktober, sedangkan untuk kerjasama di bidang konektivitas maritim, Menteri Transportasi Jerman akan datang ke Indonesia sekira Juli," kata Deputi Arif Havas yang hadir dalam pertemuan tersebut.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini