nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Menko Luhut Tak Ingin Kemenko Kemaritiman Hanya sebagai Koordinator

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 13 September 2017 12:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 13 320 1774899 catat-menko-luhut-tak-ingin-kemenko-kemaritiman-hanya-sebagai-koordinator-IE2MTKblgh.jpg Menko Luhut Lantik Pejabat (foto: Dedy Afrianto/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan banyak amanah ketika melantik tiga pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya. Salah satunya adalah tentang etos kerja bagi pejabat yang baru saja dilantik.

Luhut meminta kepada setiap pejabat untuk jujur dan menceritakan berbagai persoalan sesuai keadaan. Luhut juga menyinggung tentang ketulusan dalam menjalankan sebuah pekerjaan.

Baca juga: Pelantikan Pejabat Didatangi Rizal Ramli, Menko Luhut: Kadang Saya Suka Marah Lihat Beliau

"Ketulusan itu penting. Berbuat salah dalam hidup ini itu adalah suatu proses hidup. Tapi jangan salah ini kita ulang-ulangi. Jangan salah itu kita bohongi lagi dengan salah berikutnya," kata Luhut di Gedung BPPT, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Luhut juga menekankan tentang keinginannya untuk membawa Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya memiliki peran yang lebih besar. Pasalnya, Presiden Joko Widodo memiliki fokus untuk mengembangkan sektor kemaritiman di Indonesia.

Baca juga: Jamin Listrik dari Sampah Plastik Tidak Bahaya, Menko Luhut: Di Swedia Sudah Dibangun Fasilitasnya!

Saat ini, memang terdapat beberapa proyek dan kegiatan yang akan diselenggarakan terkait sektor maritim. Salah satunya adalah penanganan sampah plastik. Untuk itu, Luhut meminta kepada jajaran Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya untuk fokus pada proyek yang tengah dikembangkan.

"Klaim itu jangan hanya tinggal klaim, tapi kita wujudkan dalam banyak tindakan kita," ujar Luhut.

Luhut berharap bahwa Kementerian yang ia pimpin tak hanya bertugas untuk melakukan koordinasi. Menurut Luhut, kementerian tersebut harus bertindak sebagai pengendali. Hal ini pun telah disampaikan oleh Luhut kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

 Baca juga: Sulap Sampah Jadi Listrik, Menko Luhut Pastikan Pengusaha Daur Ulang Tidak "Mati"

"Bahwa kita tidak hanya mengkoordonasikan, tetapi memegendalikan setiap kegiatan sehingga kegiatan itu betul-betul tajam," ujar Luhut.

Luhut juga berharap kepada pejabat di lingkungan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya untuk untuk tidak takut dalam mengambil keputusan. Luhut menegaskan, apapun keputusan yang diambil nantinya akan berada di bawah tanggung jawabnya.

Hal ini sengaja disampaikan oleh Luhut karena selama ini proses pengambilan keputusan selalu tidak tuntas. Hal ini pun berdampak pada kinerja kementerian terkait.

"Jadi Anda tidak perlu takut dalam pengambilan keputusan. Saya jadi payungnya. Sepanjang Anda lakukan dalam koridor yang benar Anda tidak perlu takut," tegas Luhut.

Luhut juga meminta agar teladan dari Presiden Joko Widodo dapat menjadi pelajaran bagi pejabat di lingkungan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya. Utamanya adalah teladan dari sisi kesederhanaan, ketegasan, dan kelugasan dari Jokowi. Jokowi juga dinilai tidak menutup mata terhadap saran dari berbagai pihak.

Seperti diketahui, Luhut hari ini melantik satu sekretaris Kementerian dan dua staf ahli. Adapun pejabat yang dilantik adalah Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya yang dijabat oleh Laksda TNI (Purn) Agus Purwoto. Selain itu, turut pula dilantik Staf Ahli bidang Sosio-Antropologi Tukul Rameyo Adi dan Staf Ahli bidang Ekonomi Maritim yang dijabat oleh Sugeng Santoso.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini