nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bicara Soal Ekspor, Mendag: The Biggest and We Are The Best

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 11:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 23 320 1761243 bicara-soal-ekspor-mendag-the-biggest-and-we-are-the-best-ICd4Kf9FzK.jpg Foto: Trio/Okezone

JAKARTA - Persaingan ekspor komoditas antar negara kian ketat. Negara-negara produsen bersaing untuk menggemukkan pangsa pasar ekspornya. Sementara dari negara pengimpor mulai berpikir untuk meredam produk ekspor dengan cara memproteksi negaranya.

Meski terdapat sejumlah tantangan yang harus dihadapi Indonesia di dunia dagang internasional, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita masih optimis Indonesia masih mampu mempertahankan pasar ekspornya.

"Itu yang saya sampaikan pada waktu di Rusia. Saya bilang, kita the biggest and we are the best," jelas Mendag di kantornya, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Baca Juga:
Wih, Ekspor Minyak Kelapa Sulawesi Utara Sumbang Devisa Rp322,5 Miliar

Pacu Ekspor! Menperin Bakal Temui Sri Mulyani Bahas Pajak Sedan

Indonesia menjamin bahwa produk ekspor Indonesia tidak kalah baik dengan produk dari negara lain. Sebagaimana diketahui, waktu itu Indonesia sempat dihadapi kampanye negatif (negatif campaign) terkait produk CPO yang diekspornya ke negara Eropa. Itu cukup menghambat ekspor produk Indonesia ke sana.

"Tidak mungkin kami sebagai produsen, eksportir terbesar mempertaruhkan nama baik kita dengan kualitas tidak baik. Justru dengan kita terbesar, pasti kita akan pertahankan eksistensi kita, meningkatkan kualitas kita," ungkap Enggar.

Berlandaskan keyakinan tersebut, Indonesia diharapkan masih dapat menuai prestasi di dunia dagang internasional, khususnya sebagai negara produsen sejumlah komoditas. "Kita harus memberikan arah pembenarannya, sehingga mereka sadar. Itulah ironinya dalam dunia perdagangan," lanjutnya.

Baca Juga:
Perluas Pasar Ekspor, Mendag Incar Afrika hingga Rusia

Ekspor ke Pakistan, Indonesia Raup Rp1,8 Miliar

"Kita kalau mau pergi ke rumah makan, pasti kita cari ke tempat yang ramai. Makin besar pelanggan maka dia akan dipercaya," tandasnya.

Untuk mendorong ekspor, tambah Enggar, pemerintah mendorong pengusaha atau produsen kecil agar mampu meningkatkan daya saingnya di bidang ekspor. Sehingga ekspor Indonesia akan mengalami peningkatan, bukan hanya dikontribusikan dari pengusaha besar.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini