Image

Perusahaan Digital Berlomba Rekrut Tenaga Kerja Terampil di Bidang TI

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 22 November 2017, 13:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 22 320 1818444 perusahaan-digital-berlomba-rekrut-tenaga-kerja-terampil-di-bidang-ti-423SOUQXSt.jpg Foto: Trio/Okezone

JAKARTA - Di tengah pertumbuhan industri berbasis digital yang kian pesat membuat angkatan kerja terampil di bidang teknologi informasi (TI) banyak diminati, baik di Indonesia maupun kawasan lain di Asia Tenggara.

Managing Director Robert Walters untuk Asia Tenggara Toby Fowlston mengatakan bahwa berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya menunjukkan prospek ekonomi yang kuat, digitalisasi yang berkelanjutan dan perluasan pasar yang stabil.

"Tren digitalisasi yang menyapu kawasan ini telah memacu banyak bisnis untuk menciptakan platform online atau mobile karena perusahaan berusaha meningkatkan daya saing mereka dan meningkatkan pangsa pasar dengan konsumen," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Baca Juga: Didominasi Pekerja Informal, Buruh Migran Indonesia Rawan Alami Pelanggaran Hak

Sebut saja, saat ini banyak perusahaan konvensional yang merambah ke digital, semisal transportasi online, e-commerce hingga financial technology (fintech). Maka tenaga yang ahli di bidang TI menjadi buruan perusahaan-perusahaan digital.

"Sebagai hasil dari transformasi ini, banyak perusahaan yang ingin mempekerjakan para profesional dengan keahlian digital, baik di bidang pemasaran dan teknologi informasi, terutama mereka yang mahir dalam menjalankan infrastruktur digital back office atau dengan keahlian teknologi khusus," paparnya.

Baca Juga: Robot Bakal Ambil 56% Lapangan Kerja, Presiden Jokowi: Jangan Sampai Terjadi di Indonesia

Survei tersebut, lanjut dia, juga mencatat bahwa fokus pada transformasi bisnis ke platform digital turut memicu permintaan sumber daya manusia (SDM) profesional yang memiliki pengalaman terhadap perubahan manajemen, terutama yang terbukti sukses mengelola transformasi budaya perusahaan.

"Selain itu, profesional Tl di bidang komputasi cloud, keamanan siber dan big data juga diminati karena sub-sektor Tl ini menjadi area pertumbuhan utama, dan tren ini diperkirakan akan berlanjut pada 2018," tambah Fowlston.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini