Antisipasi Lonjakan Wisatawan, Menhub Ingin Ada Jalur Kereta Medan-Toba

ant, Jurnalis · Sabtu 25 November 2017 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 25 320 1820361 antisipasi-lonjakan-wisatawan-menhub-ingin-ada-jalur-kereta-medan-toba-D3F9XIk6VZ.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

PEMATANGSIANTAR - Pemerintah ingin membangun jalur kereta api (KA) Medan-Danau Toba untuk mengantisipasi lonjakan pertumbuhan wisatawan yang berkunjung ke lokasi itu secara khusus dan Sumatera Utara pada umumnya.

"Sumut (Sumatra Utara) adalah daerah yang perkembangannya sangat bagus dan kita menginginkan membangun infrastruktur terlebih dahulu sebelum masyarakat kian bertambah," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada pers di Pematangsiantar, Jumat (24/11/2017).

Baca juga: Ditolak Menteri Rini, Menhub Keukeuh KAI Tetap Investor LRT Jabodetabek

Hal tersebut dikatakan saat dirinya meninjau Stasiun Siantar yang didampingi Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dan Dirut PT Pelindo I Bambang Eka Cahyana.

Menurut Menhub, pemerintah saat ini sedang melakukan studi kelayakan untuk membangun jalur jereta api sampai ke Danau Toba. Diharapkan, jika ada jalur kereta maka masyarakat bisa menggunakan transportasi pilihan selain bus atau mobil.

Baca juga: Wah, Kawasan Wisata Danau Toba Bakal Punya Kereta Premium

Saat ini, katanya, kereta api yang beroperasi Medan ke Siantar belum bisa berjalan optimal dan ramai digunakan, sehingga perlu diperbaiki berbagai sarana dan prasarana yang ada saat ini.

"Toba sudah dijadikan destinasi wisata utama di Sumut dan harus juga mudah dijangkau wisatawan," katanya.

Baca juga: Menpar: Kereta Danau Toba Butuh Rp100 Miliar

Wisatawan, kata Budi, tentunya akan memilih kereta menuju Toba dari Medan sambil melihat keindahan alam provinsi itu. Kemenhub segera melakukan studi agar nantinya keberadaan kereta api tersebut tidak sia-sia dan dapat jadi transportasi pilihan masyarakat yang akan ke Toba.

(tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini