nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berapa Kebutuhan CPNS di 2018? Begini Cara Menentukannya!

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 19:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 10 320 1843105 berapa-kebutuhan-cpns-di-2018-begini-cara-menentukannya-2Q5xe6PAT5.jpg (Foto: Setkab)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memaparkan cara pemerintah menentukan berapa banyak calon pegawai negeri sipil atau calon PNS yang dibutuhkan.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, ada beberapa tahapan dan syarat yang harus dipenuhi sebelum kuota berapa banyak calon PNS tersebut ditentukan.

"Setiap instansi pusat dan daerah memang wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PNS sesuai prioritas kebutuhan instansinya masing," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/1/2017).


Baca juga:

35 Kementerian Lembaga Belum Kumpulkan NIP CPNS 2017, Ini Daftarnya!

Menpan RB: Lulusan STAN Akan Disebar ke Seluruh Kementerian dan Daerah

Selanjutnya, hasil perhitungan kebutuhan diserahkan pada Menteri PANRB dan Kepala BKN untuk dievaluasi.

Tahap berikutnya, jumlah kebutuhan PNS dihitung dari berbagai variabel termasuk alokasi APBN dan APBD untuk belanja pegawai dengan sistem merit,.

"Pemerintah provinsi, kabupaten dan kota dengan belanja pegawai melenbihi 50% dari APBD tentu akan sulit mendapatkan tambahan pegawai baru," kata dia.

Dengan demikian, formasi CPNS tahun anggaran 2018 dihitung dan disusun berdasarkan kebutuhan pada bidang-bidang yang mendukung program nawacita yang di gagas Presiden Jokowi.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini