nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singgung Ojek Online, Menhub: Banyak Terobosan Out of The Box Telah Dilakukan

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 13:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 28 320 1865899 singgung-ojek-online-menhub-banyak-terobosan-out-of-the-box-telah-dilakukan-8mFdXDIWXp.jpeg Foto: Lidya Julita Sembiring/Okezone

JAKARTA - Kementerian Perhubungan hari ini melakukan acara workshop digital transportasi talk dengan tema eksplorasi potensi pemanfaatan inovasi (start up) untuk peningkatan kinerja transportasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, perkembangan teknologi saat ini sudah tidak terbendung lagi sehingga Indonesia harus siap menghadapinya. Pasalnya dia melihat teknologi juga telah mengubah gaya hidup masyarakat termasuk di sektor transportasi sehingga mulai terjadi disruptive technology yang digerakkan oleh para pelaku usaha bisnis startup.

Baca Juga: Sri Mulyani: Jika Capek, Pesan Martabak Lewat Go-Food

"Keberadaan startup sendiri telah mewarnai berbagai lini aktivitas manusia secara tidak terstruktur. Berbagai terobosan yang bersifat out of the box telah banyak dilakukan. Sekarang masyarakat sudah bisa memesan ojek online, pesan tiket pesawat dan kereta online, delivery barang online, bahkan delivery orang pun juga bisa online di platform e-commerce yang integratif," ungkap Budi di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Menurutnya, ini berbeda dengan zaman dulu saat masyarakat ingin pergi ke suatu tempat harus mencari kendaraan dulu, tapi saat ini hanya tinggal menunggu pesanan kendaraan datang dengan adanya aplikasi saat ini.

Baca Juga: Angin Segar, Ojek Online Masih Bisa Narik di Balikpapan

"Perubahan ini telah menjadi sangat fenomenal khususnya di Indonesia ketika adanya terobosan yang menggabungkan inovasi dalam teknologi informasi dan inovasi dalam pelayanan transportasi berbasis online atau mobile," jelasnya.

Budi menjelaskan, berdasarkan data starMprangking.com, perkembangan startup pada akhir Februari 2018, tercatat bahwa Indonesia berada di peringkat ke-4 di dunia dengan jumlah startup mencapai 1.716 atau di bawah Negara Amerika Serikat sebanyak 28.821 startup, India sebanyak 4.753 dan Inggris sebanyak 2.983.

Baca Juga: Bikin Macet! BPTJ Akan Lokalisir Ojek Online yang Sering Mangkal di Depan Stasiun

"Ke depan diprediksi jumlah startup di dunia akan terus meningkat secara signifikan," katanya.

Untuk mengantisipasi hak tersebut, maka pemerintah perlu pengembangan startup dan teknologi digitalisasi sistem informasi ini khususnya di sektor transportasi. Caranya dengan berbagai terobosan dan perubahan cara berpikir yang membuka ruang seluas luasnya untuk berkreasi, berinovasi, dan tidak dibatasi atau steril terhadap berbagai kondisi peraturan yang ada saat ini. "Sehingga diperoleh alternatif-alternatif berbagai solusi baru di sektor transportasi," tukas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini