nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keuntungan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Bali Bagi Indonesia

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 18:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 13 20 1872204 keuntungan-pertemuan-tahunan-imf-world-bank-di-bali-bagi-indonesia-Rc8rmvyV0R.jpg Konferensi Pers Annual Meeting IMF-WB (Foto: Feby Novalius/Okezone)

JAKARTA - Indonesia ditunjuk menjadi penyelenggara annual meeting International Monetary Fund (IMF)-World Bank (WB) 2018. Lokasi yang dipilih untuk pertemuan tahunan itu di Pulau Dewata, Bali.

Menurut Ketua Panitia Nasional sekaligus Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Indonesia siap menjadi tuan rumah annual meeting IMF-World Bank 2018. Selain itu, katanya, banyak keuntungan yang bisa didapat saat Indonesia menjadi tuan rumah.

 Baca juga: Pemerintah Antisipasi Tingginya Inflasi Selama Pertemuan IMF-World Bank

"Penggunaan dana kita sudah buat studi dampak daripada pengeluaran hampir Rp800 miliar, tapi untuk Rp800 miliar itu lebih dari setengahnya akan kembali juga. Karena misalnya pembayaran hotel mereka bayar sendiri," tuturnya, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Kemudian, dari dana yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan panitia seperti 400 unit komputer, setelah acara akan dihibahkan ke sekolah-sekolah disekitar Bali.

 Baca juga: Jelang Pertemuan Tahunan IMF-World Bank, Slot Penerbangan ke Bali Ditambah

"Kita akan bagikan ini ke Kabupaten Banyuwangi, Bali dan Lombok. Jadi basicly semua kembali ke rakyat. Overall kita lakukan sehemat mungkin dan seefisien mungkin," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahkan, even internasional yang diselenggarakan Indonesia sebenarnya keseluruhan anggarannya dinikmati sendiri. Misalnya, Asian Games, seluruh pembangunan infrastrukturnya tidak hanya untuk Asian Games, tapi setelahnya juga bisa digunakan.

 Baca juga: Menko Luhut: Semua Siap Menuju Annual Meeting IMF-WB 2018

"Sama saja seperti IMF-World Bank, pada akhirnya bermanfaat untuk Bali sebagai destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Kesenian juga dilakukan oleh kita," tuturnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini