nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cek Bisnis Anak-anak Presiden Jokowi, dari Martabak Sampai Pisang Nugget

Agregasi Cekaja.com, Jurnalis · Sabtu 17 Maret 2018 16:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 17 320 1874190 cek-bisnis-anak-anak-presiden-jokowi-dari-martabak-sampai-pisang-nugget-gxmrUV8Co7.jpg Foto: Yohana Artha Uly/Okezone

JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep terus menajamkan kemampuan bisnis mereka. Kedua putra Presiden Joko Widodo tersebut menjajal berbagai jenis usaha. Bahkan, baru-baru ini kabar menggembirakan datang dari bisnis Martabak Markobar milik Gibran yang akan membuka cabang di Filipina.

Anda tengah mencari ide bisnis yang bisa Anda garap? Ada baiknya mengintip perjalanan bisnis kedua putra presiden tersebut. Keduanya telah mengembangkan lebih dari satu bisnis dan sebagian bisnis yang mereka jalankan terbilang mengikuti tren alias kekinian.

Misalnya saja, saat penganan pisang nugget tengah hits, Kaesang menangkap peluang tersebut dengan mengembangkan bisnis pisang nugget dengan merek Sang Pisang.

Daftar bisnis Gibran dan Kaesang

Meski sang Ayah berlatar belakang seorang pengusaha meubel, baik Gibran maupun adiknya tak ada yang mengikuti jejak Ayahnya untuk fokus di usaha meubel. Keduanya memilih jalur bisnis yang berbeda. Inilah daftar bisnis yang digeluti Gibran dan Raka, cek yuk!

Martabak Manis

 

Apa yang Anda bayangkan jika mendengar kata martabak manis? Wujud martabak manis yang paling umum adalah martabak dengan topping coklat kacang. Namun, Martabak Markobar milik Gibran terlihat lebih kekinian dengan menawarkan martabak yang tampilannya mirip seperti pizza dengan taburan aneka topping.

Martabak Markobar menawarkan menu antara lain Martabak 8 Rasa dan Martabak 4 Rasa. Pilihan topping-nya sangat menggiurkan yaitu keju, Nuttela, Oreo, Ceres, Kitkat Coklat, Kitkat Greentea, Timtam Redvelvet, Delfi, Cadbury, serta Silverqueen. Setiap potongan martabak menghadirkan topping yang berbeda. Ada pula menu Ceres-Keju bagi penyuka martabak klasik, serta Tipis-Kering bagi yang ingin menikmati martabak garing yang tahan lama.

Dalam mengembangkan Martabak Markobar, Gibran menjalin kerja sama dengan pihak lain yang telah mengembangkan bisnis martabak sejak 1996. Kini, Markobar sudah punya lebih dari 20 cabang di belasan kota di Indonesia. Kabar terbarunya, Markobar akan membuka cabang di Filipina.

 

Katering dan wedding organizer

Tak ada alasan untuk tidak memulai bisnis karena kekurangan modal. Dengan modal yang berasal dari pinjaman bank, Gibran merintis usaha katering sejak 2010 di Solo.

Saat ini, katering bernama Chilli Pari tersebut tak hanya melayani jasa katering, tetapi juga wedding organizer serta foto pre-wedding. Jadi, keunggulan Chilli Pari adalah membawa konsep one-stop wedding solution.

Dari segi tawaran menu, Chilli Pari memang mengutamakan masakan Jawa dengan prinsip traditional taste, modern touch. Namun, ada pula menu Japanese, Chinese, Western, serta Italian.

Pasta

Selain katering dan martabak manis, diam-diam Gibran juga punya bisnis kuliner berbahan dasar pasta, Pesta Buntel. Lagi-lagi, dia menampilkan hal unik dari kulinernya. Meskipun berbahan dasar pasta, Pesta Buntel menyajikan pasta yang diolah dengan bumbu khas Indonesia atau bumbu-bumbu lainnya. Lebih unik lagi, pasta dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dibakar.

Outlet Pesta Buntel ada di Solo dan Jogja. Pesta Buntel menawarkan menu-menu unik seperti fusilli sambel matah, pene mozzarella, pene sambel padang, rica hainan, nasgor matah, nasgor ijo, pene tomato blackpepper, dan hainan fillet.

Ceker ayam bakar

Gibran juga punya bisnis kuliner yang menawarkan ceker ayam bakar, Cakar Dheer. Lulusan University of Technology Insearch Sidney ini mengajak kerja sama pihak lain untuk mengembangkan Cakar Dheer.

Jadi, sebelum Gibran ikut serta dalam bisnis ceker ayam bakar tersebut, makanan itu memang sudah dikenal dan laris manis di Solo.

Susu

Gibran juga berkolaborasi dengan entrepreneur muda lainnya dan mengembangkan kedai susu asli Solo, Mommilk. Mommilk menghadirkan susu aneka rasa unik mulai dari blueberry, hazelnut, kopi, strawberry, blueberry, green tea, kopi, dan banyak lagi.

Mommilk menampilkan susu dengan warna-warna yang menarik. Mommilk menggunakan bahan dasar susu berkualitas tinggi yang didatangkan dari Boyolali dan Puncak.

Pisang nugget

Baru-baru ini, kuliner pisang nugget sedang terbilang hits. Menjelang akhir tahun lalu, Kaesang menangkap peluang tersebut dengan meluncurkan bisnis pisang nugget Sang Pisang.

Pisang nugget adalah jajanan yang terbuat dari bahan dasar pisang yang dihaluskan kemudian diolah dengan bahan-bahan lainnya seperti tepung. Untuk sentuhan akhir, pisang nugget dipermanis dengan berbagai jenis topping.

Topping pilihannya mulai dari green tea, chocolate, tiramisu, vanilla, blueberry, strawberry, taro, dan avocado. Ada pula topping ekstra yaitu almond, koko krunch, cheese sprinkle, melon sprinkle, Milo dan Oreo.

Sejak muncul akhir tahun lalu, Sang Pisang sudah memiliki setidaknya 10 cabang di beberapa kota di Indonesia. Belum lama ini, Kaesang juga melakukan kerja sama dengan sang kakak Gibran untuk menggabungkan outlet Sang Pisang dan Markobar.

 

Kaos

Di luar usaha kuliner, Kaesang mencoba peruntungan di bisnis clothing line dengan membawa brand Sang Javas. Sang Javas menghadirkan kaos dengan desain bertema kecebong. Desain menggambarkan kehidupan kecebong yang bermetamorfosis.

Awalnya, Kaesang hanya memasarkan via online produk kaosnya. Namun, saat ini pembeli sudah bisa berbelanja langsung di toko

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini