Share

Perry Warjiyo Jadi Gubernur Baru BI, Komisi XI Titipkan Wejangan untuk Agus Marto

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 28 Maret 2018 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 28 20 1879293 perry-warjiyo-jadi-gubernur-baru-bi-komisi-xi-titipkan-wejangan-untuk-agus-marto-Ij6wd60Vrq.jpeg Foto: Uji Kepatutan dan Kelayakan Perry Warjiyo (Yohana/Okezone)

JAKARTA - Komisi XI DPR RI telah memutuskan untuk memilih Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) yang baru. Hal ini berdasarkan hasil musyawarah dari 36 anggota Komisi XI yang terdiri dari 10 fraksi.

Sebelumnya Perry pun telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dengan Komisi XI DPR RI. Tes ini pun berlangsung selama sejak pukul 11.45 WIB-15.28 WIB, yang sempat diskors untuk istirahat selama 30 menit.

"Kami Komisi XI sudah memutuskan secara musyawarah mufakat secara bulat 10 fraksi memutuskan untuk Gubernur BI saudara Perry Warjiyo," ungkap Mekeng di DPR RI, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

 Baca Juga: Perry Warjiyo Janji Bentuk Komite Ekonomi Digital

Dengan demikian, Perry akan menggantikan Agus Martowardojo yang akan menyelesaikan masa tugasnya pada Mei 2018 mendatang.

Marcus Mekeng menyatakan, terima kasih kepada Agus yang selama hampir 5 tahun telah memimpin Bank Sentral.

"Terima kasih atas karyanya selama ini di Bank Indonesia," ujar Mekeng.

 Baca Juga: Sah, Perry Jadi Gubernur BI Gantikan Agus Martowardojo

Dia pun berharap, Agus dapat terus memberikan baktinya kepada Indonesia meski bukan lagi menjadi Gubernur BI.

"Semoga dia masih bisa memberikan baktinya kepada bangsa ini," harapnya.

Sebelumnya, dalam momen uji kelayakan dan kepatutan, Perry juga mengungkapkan apresiasinya kepada Agus. Dia mengungkapkan, mengagumi kepemimpinan Agus yang mampu melakukan transformasi sangat besar pada kebijakan BI.

"Selama hampir 5 tahun terakhir BI dibawah Pak Agus Martowardojo, telah melakukan tranformasi yang sangat besar, saya mengagumi kepimpimpinan Beliau dengan strong leadership yang kuat telah melakukan banyak tranformasi di BI sejak 2014," ujar Perry.

 Baca Juga: Perry Warjiyo: Saya Mengagumi Kepemimpinan Agus Marto

Dia menejalaskan, banyak tranformasi yang dilakukan oleh Agus lewat bauran kebijakan BI baik dalam penguatan organisasi, penguatan sumber daya manusia berbasis kinerja, serta penguatan tata kelola.

Perry pun mengucapkan terima kasih atas kepemimpinan Agus sebagai Gubernur BI sejak tahun 2014. "Melalui forum ini atas pribadi dan seluruh BI, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bapak Agus, yang sudah banyak melakukan tranformasi BI," ungkapnya.

Untuk diketahui, selain memilih Perry, Komisi XI juga memutuskan Dody Budi Waluyo menjadi Deputi Gubernur BI, menggantikan jabatan yang diemban Perry sebelumnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini