nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Jadi Tuan Rumah FIABCI Meeting and Global Business Summit 2018

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 06 Juni 2018 12:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 06 470 1907218 indonesia-jadi-tuan-rumah-fiabci-meeting-and-global-business-summit-2018-EGzhkomsXM.jpg Kongres FIABCI di Dubai memutuskan Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan kongres tahun 2018

JAKARTA - Kongres Federasi Real Estate dunia atau World Congress FIABCI ke- 69 yang diadakan di Dubai, Uni Emirat Arab, dari 28 April hingga 1 Mei 2018 secara resmi memutuskan Indonesia sebagai tuan rumah FIABCI Desember Meeting and Global Business Summit 2018.

Ajang bisnis kelas dunia yang diperkirakan dihadiri sekitar 1.500 peserta ini akan berlangsung di Bali, 7-10 Desember 2018. Di FIABCI Desember Meeting and Global Business Summit 2018, FIABCI Indonesia/REI akan mengusung dua tema menarik yakni “Affordable Housing and Sustainable Tourism Development”.

(Dok Okezone)

Dua isu sentral yang sedang mengemuka di dunia, khususnya negara-negara ketiga, juga menjadi prioritas pemerintah Indonesia. Presiden FIABCI Asia Pasifik Soelaeman Soemawinata mengungkapkan, FIABCI Desember Meeting and Global Business Summit adalah perhelatan khusus yang diadakan setiap Desember dan biasanya hanya diadakan di Benua Eropa selama 68 tahun terakhir.

Baca Juga : Gaet REI, Mirza Adityaswara: Berikan Kami Data Akurat, Jangan Setengah-Setengah

“Tahun ini luar biasa untuk pertama kalinya akan digelar di kawasan Asia Pasifik, dan itu di Bali. Akan banyak kegiatan dan kebetulan akan diadakan bersamaan dengan Rakernas REI,” ungkap Soelaeman, yang juga Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) itu.

Dia meyakini kegiatan tersebut akan sangat berarti bagi Indonesia yang sedang menggelorakan penyediaan hunian layak terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah melalui Program Sejuta Rumah, serta mendorong pengembangan sektor pariwisata. Sekitar 1.200-1.500 orang pelaku usaha real estate dan industri pendukungnya diperkirakan hadir di FIABCI Desember Meeting and Global Business Summit 2018, di mana lebih dari separuhnya merupakan investor asing dari berbagai negara.

“Kami tentu mengharapkan dukungan penuh dari pemerintah, di mana kami sudah mengajukan surat kepada Presiden Joko Widodo untuk berkenan hadir dan membuka kegiatan tersebut, juga sudah berkoordinasi dengan menteri-menteri terkait di bidang perumahan rakyat, pariwisata, dan sekretariat negara,” ungkap Soelaeman.

Baca Juga : Gandeng REI, Kementerian ESDM Minta Pembangunan Rumah Beratapkan Solar Panel

FIABCI Indonesia sudah setahun terakhir ini di berbagai forum FIABCI selalu berbicara dan mengangkat isu tentang rumah rakyat. Selalu disampaikan bahwa Indonesia dalam tiga tahun berturutturut berhasil mencapai kinerja penyediaan rumah rakyat dengan target 1 juta unit setiap tahun dengan realisasi lebih dari 800.000 unit setiap tahunnya.

Dari 68 negara yang bergabung di FIABCI, kemungkinan hanya Indonesia satusatunya negara yang pemerintahnya membuat konsep rumah murah dengan mengedepankan peran swasta. Menurut Eman, banyak negara di dunia saat ini meminta dirinya memaparkan bagaimana rule model penyediaan affordable housing di Indonesia.

Sekjen DPP REI Totok Lusida mengungkapkan, dalam pertemuan dengan presiden Jokowi, selain menanyakan beberapa hal terkait isu-isu properti, presiden juga menyampaikan ucapan terima kasih dan antusiasnya terhadap REI yang selama ini telah mendukung pemerintah dalam penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). (Anton C/Koran Sindo)

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini