nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bakal Ada Barcode Gas Elpiji 3 Kg agar Subsidi Tepat Sasaran

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 03 Juli 2018 13:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 03 320 1917166 bakal-ada-barcode-gas-elpiji-3-kg-agar-subsidi-tepat-sasaran-qNwiaaL2Ge.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Pemerintah melakukan berbagai upaya agar pemberian subsidi di sektor minyak dan gas (migas) tepat sasaran. Salah satunya, adalah dengan mengkaji penggunaan kode batang elektrik atau barcode untuk distribusi elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi yang biasa dikenal dengan elpiji melon.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto menuturkan, pihaknya akan menempuh alternatif distribusi tertutup untuk memastikan subsidi energi tepat sasaran.

"Jadi tabung 3 kg itu akan kita berikan barcode, jadi untuk golongan yang berhak saja," kata dia di Gedung DPR RI, Jakarta (4/7/2018).

 Pasokan Gas Elpiji Seluruh Indonesia Dipastikan Aman

Kementerian ESDM juga memiliki alternatif lain selain pemberian barcode untuk memastikan distribusi elpiji 3 kg tepat sasaran, yaitu melalui subsidi langsung.

"Subsidi langsung kepada masyarakat tertentu saja digabung dengan sistem kartu yang dipakai untuk subsidi komoditi lain," jelas dia.

Kebijakan tersebut masih dikaji oleh Kementerian ESDM, dan ditargetkan dapat diterapkan pada tahun 2019.

 Pasokan Gas Elpiji Seluruh Indonesia Dipastikan Aman

Sejalan dengan itu, PT Pertamina (Persero) juga akan mendistribusikan elpiji non subsidi 3 kg. Pada masa uji coba pasar, produk tersebut akan didistribusikan di Jakarta dan Surabaya.

"Kalau ini berhasil akan diteruskan untuk wilayah lain," kata dia.

"Kemudian pengawasannya kita akan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk pengawasan khususnya elpiji 3 kg yang sudah ada MoU dan konsumsi BBM," tukas dia.

 

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini