nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Industri Logistik Bakal Bangkit Jika Manfaatkan Teknologi Digital

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 13:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 05 320 1946312 industri-logistik-bakal-bangkit-jika-manfaatkan-teknologi-digital-CyDkedhazi.jpeg Foto: Sektor logistik manfaatkan teknologi untuk bangkit (Taufik/Okezone)

JAKARTA- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menyatakan, tahun 2018 merupakan era kebangkitan bagi industri logistik. Sektor ini, akan memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk memperkuat bisnis.

Ketua Komite Tetap Kadin Perhubungan Laut Darmansyah Tanaman mengatakan, bisnis logistik di Tanah Air diprediksi mengalami pertumbuhan di tahun 2018 dan tahun-tahun mendatang. Didukung oleh perkembangan tren perdagangan elektronik atau e-commerce yang semakin pesat dan menjadi tren terbaru masyarakat Indonesia.

"Jadi, di era yang serba digital ini, telah mendorong kita, untuk melakukan berbagai perubahan guna mengikuti perkembangan industri," kata Darmansyah di Kantor Kadin Indonesia, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Dia menjelaskan, gencarnya pembangunan infrastruktur dan kepastian akan keberangkatan turut mendorong meningkatnya indeks peringkat logistik Indonesia di dunia. Di mana menurut hasil riset Bank Dunia dalam logistics Performance Index (LPI) 2018, peringkat Indonesia naik dari posisi 63 ke 46.

"Kita berharap mampu menjadi momentum kebangkitan industri transportasi dan logistik tanah air," jelasnya.

Dia juga menuturkan, bahwa pemerintah saat ini tengah berupaya untuk mendorong peningkatan ekspor. Percepatan pembangunan infrastruktur pada berbagai bidang diharapkan dapat merata di seluruh daerah di Indonesia.

"Kita tahu kepastian waktu dan penurunan biaya logistik hingga kini masih menjadi problem utama," ungkapnya.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Logistik, bekerjasama dengan Reed Panorama Exhibition, kembali menyelenggarakan pameran dan konferensi Indonesia Transport, Supply Chain and Logistics (ITSCL) 2018.

Pameran tersebut, diselenggarakan pada 12-14 September 2018 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Dengan menghadirkan ratusan pelaku usaha transportasi, Supply Chain dan logistik dari dalam negeri maupun luar negeri.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini