nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi: Pemuda Harus Mulai Bangun Brand, yang Simple dan Mudah Diingat

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 13:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 07 320 1988101 presiden-jokowi-pemuda-harus-mulai-bangun-brand-yang-simple-dan-mudah-diingat-OoCVtP4vmM.jpg Presiden Jokowi (Foto: Antara)

JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) offline masih kurang berkembang layaknya usaha-usaha online. Seperti yang dicontohkan Jokowi saat masuk ke kampung-kampung kecil untuk meninjau usaha kecil dan mikro.

“Saya sudah lihat ibu-ibu yang jualan di sana. ada yang menjual makaroni, ada juga yang menjual nasi uduk. Problem yang saya lihat di sana yaitu pemasarannya yang hanya di rumah atau di gerobak depan rumah. Mereka tidak membangun brand, mereka tidak memiliki kemasan yang baik,” ungkap Presiden Jokowi di Balai Kartini, Jumat (7/12/2018).

Baca Juga: Kisah Lego, Brand Mainan Paling Favorit di Dunia

Produk-produk UMKM tersebut sebenarnya sudah bagus, namun menurut Jokowi harus ada sentuhan sedikit agar lebih menarik perhatian pembeli. Hal ini harus dibantu oleh orang-orang yang memiliki jiwa entrepreneurship, dengan pengetahuan bagaimana membangun brand dan mengemas sebuah produk sehingga memiliki nilai yang lebih.

“Pemuda harus mulai membangun brand untuk mereka, yang simple dan gampang diingat,” kata Kepala Negara.

Presiden Jokowi Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional 

Diketahui saat ini terdapat 67 juta usaha mikro dan kecil yang ada di kampung-kampung, apalagi jika dibantu dengan para pemuda dan digabungkan dengan usaha online. Selain untungnya semakin besar, hal ini juga dapat meningkatkan taraf hidup usaha rumah tangga.

Baca Juga: Daftar 10 Merek Indonesia dengan Brand Value Paling Mahal, Apa Saja?

Kemudian mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menuturkan, tidak hanya usaha online saja yang terus dikembangkan, keduanya harus berkolaborasi untuk menghasilkan produk dengan nilai terbaik. Harapannya dengan memiliki peran dan kemasan yang menarik, usaha kecil dan mikro tersebut dapat masuk ke global marketplace.

“Jadi jangan hanya bertumpu kepada onlinenya saja, ini harus dicarikan solusinya. Saya ingin kita semua memiliki rintisan-rintisan eksportir kecil yang mikro seperti ini yang bisa merambah global marketplace,” ungkap Presiden Jokowi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini