nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dukung Ekonomi Dalam Negeri, Pengusaha Wanita Ajak Masyarakat Cinta Produk Lokal

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 16 Desember 2018 16:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 16 320 1992030 dukung-ekonomi-dalam-negeri-pengusaha-wanita-ajak-masyarakat-cinta-produk-lokal-yNVF2AiByT.jpeg Foto: Iwapi dan Menteri Perdagangan Enggartiasto (Yohana/Okezone)

JAKARTA – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) berupaya mendorong kecintaan dan penggunaan produk dalam negeri oleh masyarakat. Hal ini dilakukan dengan mengampanyekan 'Cinta Produk Indonesia', pasalnya IWAPI menilai perlu komitmen seluruh masyarakat untuk peningkatan produk dalam negeri.

Ketua Umum IWAPI Nita Yudi menyatakan, kecintaan dan kebanggaan terhadap produk-produk dalam negeri memiliki arti penting bagi perekonomian bangsa, pertumbuhan industri nasional, kapasitas produksi serta memperluas lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

Meski demikian, upaya peningkatan penggunaan produk dalam negeri pada kenyataannya akan terus dibayang-bayangi tingginya serbuan barang-barang impor yang datang dari luar negeri. Ini merupakan dampak yang tidak dapat dihindari dari implementasi berbagai perjanjian perdagangan bebas atau Free Trade Agreement (FTA) di tengah semangat penguatan daya saing industri dan pengamanan pasar produk dalam negeri.

Baca Juga: Menteri Enggar Kampanye Pakai Produk Indonesia: Pelaku Usaha Jangan Ambil Untung Tinggi

"Populasi Indonesia yang sangat besar merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan bagi perekonomian bangsa. Hal ini tidak hanya merepresentasikan besarnya potensi konsumsi di dalam negeri, namun juga kebutuhan akan lapangan pekerjaan yang juga sangat besar," ujarnya di Jakarta, Minggu (16/12/2018).

Oleh sebab itu, di samping serbuan produk impor, tingkat konsumsi masyarakat yang besar harus membantu memberikan keuntungan bagi produsen dalam negeri melalui penyerapan produk-produk yang dihasilkan. Menurut Nina, kecintaan pada produk dalam negeru akan membantu kelangsungan usaha dan potensi pengembangan usaha akan tetap terjamin.

"Pada akhirnya ini akan menyelamatkan pendapatan pekerja lokal serta membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi angkatan kerja di Indonesia," jelasnya.

Nita juga menyatakan, baik bagi pemerintah untuk bisa memayungi program cinta produk Indonesia dengan membuat suatu kebijakan yang mengharuskan Warga Negara Indonesia (WNI) mau dan bangga dalam memakai produk Indonesia.

enggar

"Dengan demikian pasti UMKM akan berjaya dan pemerintah pun harus memfasilitasi para UMKM untuk berani ekspor. Saya yakin dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia” imbuhnya.

Sementara itu Nana Krit Cidharat Ketua Bidang Perdagangan DPP IWAPI menambahkan, kampanye tersebut bertujuan untuk menggaungkan kembali kecintaan dan kebanggaan masyarakat Indonesia pada produk dalam negeri serta mengoptimalkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

"Karena dengan memakai produk Indonesia kita membantu pemerintah dalam memutar roda perekonomian" ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Adapun kampanye ini juga dilakukan bersama dengan Kementerian Perdagangan dengan peluncuran jingle bertema sama, juga meluncurkan portal yang khusus menjual berbagai produk asli Indonesia untuk dipasarkan luas di dalam dan luar negeri.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini