nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca-Tsunami Selat Sunda, Perbaikan Listrik Sudah 95%

Jamilah, Jurnalis · Rabu 26 Desember 2018 16:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 26 320 1996206 pasca-tsunami-selat-sunda-perbaikan-listrik-sudah-95-CubZXXHGw7.jpg Listrik (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA – Tim gabungan dari inspektur ketenagalistrikan dari Direktorat Ketenagalistrikan dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) berhasil melakukan proses pemulihan listrik di sejumlah gardu distribusi untuk wilayah Pandeglang dan Lampung.

"Kami dengan sigap menerjunkan tim gabungan dari Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) dan PLN agar masyarakat terdampak Tsunami bisa segera menikmati listrik seperti sediakala. Bahkan laporan yang saya terima, kondisi listrik saat ini sudah pulih 95%," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi yang dikutip dari Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu(26/12/2018).

Baca Juga: Kado Natal, Kementerian ESDM Sambung Listrik untuk Papua

Sebanyak 310 personil yang diterjunkan Pandeglang berhasil menyalakan 238 dari 248 gardu distribusi, menormalkan sementara 4 gardu distribusi lainnya dengan genset serta memberikan penerangan di 22 posko pengungsian. Tim gabungan juga melakukan perbaikan infrastruktur kelistrikan dari Unit Induk Distribusi (ID) Banten, UID Jakarta dan UID Jabar.

Sementara di Lampung, sebanyak 40 personil gabungan yang datangkan dari ULP Kalianda, ULP Sidomulyo , ULP Sutami serta UP3 Tanjung Karang. Seluruh tim disebar untuk kembali mengoperasikan 20 dari 22 titik tiang distribusi.

listrik

Hingga saat ini, upaya penanganan kelistrikan dan pengiriman bantuan sembako juga dilakukan Pemerintah di daerah-daerah terisolir seperti di Pulau Sabesi, Lampung dan desa sumur Kecamatan Pandeglang.

Meski begitu, Agung mengakui masih ada beberapa wilayah yang belum berhasil ditangani. "Masih ada beberapa gardu yang belum nyala. Hal ini tak lepas dari akses jalan dan cuaca yang masih menjadi kendala utama atas penanganan listrik," tambah Agung.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini