nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Darmin Lantik Kepala BP Batam Baru untuk Menjaga Momentum Investasi

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 07 Januari 2019 19:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 07 320 2001195 menko-darmin-lantik-kepala-bp-batam-baru-untuk-menjaga-momentum-investasi-U7CT2XzlxK.jpg Pelantikan Pejabat Baru BP Batam (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga sebagai Ketua Dewan Kawasan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) Darmin Nasution, resmi melantik Edy Putra Irawadi sebagai Kepala BP Batam. Edy yang saat ini juga menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menggantikan posisi Lukita Dinarsyah Tuwo.

Selain itu, Darmin juga melantik Purwiyanto sebagai Deputi Bidang Administrasi dan Umum BP Batam dan Dwianto Eko Winaryo sebagai Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam.

Baca Juga: Pendapatan Capai Rp268,97 Miliar, BP Batam Bangun 12 Jalan dan Jembatan di Kawasan Industri

“Kita bersyukur pada hari ini dapat melaksanakan pengangkatan Kepala BP Batam beserta dua deputi BP Batam yang baru di masa transisi. Saya ucapkan pula terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala BP Batam dan deputi-deputi sebelumnya yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujarnya saat pelantikan di Gedung Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Darmin menjelaskan, pelantikan tersebut dalam rangka sinkronisasi dan koordinasi pelaksanaan tugas pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan BP Batam selama masa transisi. Di mana dalam keputusan Rapat Terbatas Kabinet tanggal 12 Desember 2018 lalu, Pemerintah memutuskan Kepala BP Batam dijabat ex-officio oleh Walikota Batam sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Untuk pelaksanaan keputusan tersebut, tengah dilakukan penyusunan dan pengharmonisasian perubahan kedua PP Nomor 46 Tahun 2007. Dalam penyusunan beleid itu, Dewan Kawasan Batam telah mendapat masukan yang substansial dari berbagai pelaku usaha, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), dan unsur masyarakat.

"Kita sedang menyiapkan amandemen peraturan pemerintah untuk menjadi dasar hukum bagi Kepala BP Batam yang akan dirangkap oleh Walikota Batam paling lambat 30 April 2019," jelasnya.

Baca Juga: Terjerat Polemik BP Batam, Ekonomi Daerah Batam Bisa Tidak Meningkat

Adapun tugas Kepala BP Batam dalam masa transisi yakni menyiapkan laporan peralihan jabatan ex-officio, menyiapkan regulasi teknis untuk pelaksanaan jabatan ex officio, dan melaksanakan tugas rutin yang tidak bersifat kebijakan (policy).

Edy juga diharapkan dapat menjalankan beberapa rencana BP Batam yang telah disusun sebelumnya. Dengan kepengurusan BP Batam yang baru, Darmin berharap dualisme kepemimpinan di Batam dapat teratasi.

“Dengan demikian, proses perizinan investasi dan berusaha di Batam akan dapat segera selesai karena komando kebijakan berada pada satu tangan,” ujar Darmin.

Pelantikan tersebut juga dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly. Selain itu, sebagai saksi juga dihadiri oleh Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini