nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Darmin: Dampak Kredit Kendaraan Tanpa DP Kecil

Rikhza Hasan, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2019 05:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 12 320 2003608 menko-darmin-dampak-kredit-kendaraan-tanpa-dp-kecil-UxEdVQ5tyK.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA -  Pembelian kendaraan bermotor tidak lagi dikenakan down payment (DP), sebab Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melonggarkan ketentuan uang muka kendaraan bermotor pada perusahaan leasing.

Aturan baru itu tertuang dalam Peraturan OJK nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Beleid itu menyatakan perusahaan pembiayaan yang memiliki rasio pembiayaan bermasalah (Non Performing Financing/NPF) netto lebih rendah atau sama dengan 1% dapat menerapkan ketentuan uang muka untuk motor dan mobil sebesar 0%.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai, kebijakan relaksasi itu tak memiliki pengaruh signifikan pada pertumbuhan kredit yang ditargetkan 12%-13% di tahun ini. Menurut dia, sebab selama ini sebenarnya sudah ada beberapa perusahaan pembiayaan yang mengambil langkah duluan membebaskan uang muka.

Baca Selengkapnya : Bebaskan DP Kredit Kendaraan, Menko Darmin: Dampaknya Enggak Besar

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini