nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Jurus Pamungkas Jaga Inflasi 3,5% di 2019

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 20:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 29 20 2011095 3-jurus-pamungkas-jaga-inflasi-3-5-di-2019-PJO5Q9ztru.jpg Ilustrasi: Foto Halomoney

JAKARTA - Pemerintah bersama Bank Indonesia telah melakukan rapat terkait Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta.

Direktur Eksekutif Dapartemen Komunikasi Bank Indonesia Agusman mengatakan, pada rapat tersebut pemerintah dan Bank Indonesia menyepakati tiga langkah strategis untuk menjaga agar inflasi tetap berada dalam kisaran 3,5±1% pada tahun 2019.

"Langkah strategis tersebut perlu ditempuh guna terus memperkuat pengendalian inflasi setelah pada 2018, inflasi terkendali pada level 3,13% dan berada dalam kisaran sasarannya, yakni 3,5±1%," ujarnya pada keterangan tertulisnya, Selasa (29/1/2019).

 Baca Juga: Bagasi Berbayar Jadi Sorotan Tim Pengendali Inflasi

Dia menjelaskan perkembangan ini sangat positif mengingat hal ini merupakan pencapaian sasaran inflasi selama empat tahun berturut-turut. Pencapaian ini tidak terlepas dari sinergi kebijakan moneter dan fiskal dalam mengelola kondisi makroekonomi yang sehat serta kebijakan struktural, termasuk pembangunan infrastruktur di berbagai daerah yang memperbaiki konektivitas dan kelancaran distribusi.

"Ke depannya, Pemerintah di tingkat pusat dan daerah serta Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi kebijakan guna terus membawa inflasi dalam tren menurun dalam kisaran 3±1% pada 2020 dan 2021 sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkesinambungan, seimbang, dan inklusif," tuturnya.

Dia menuturkan, tiga langkah strategis yang disepakati untuk menjaga inflasi 2019 tetap berada dalam kisaran sasarannya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Naik dan Layanan Bagasi Tak Lagi Gratis Sumbang Inflasi

Menjaga inflasi dalam kisaran sasaran, terutama ditopang pengendalian inflasi volatile food maksimal di kisaran 4-5%.

"Strategi ini dilakukan melalui empat kebijakan utama (4K) terkait Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif. Sesuai dengan Peta Jalan Pengendalian Inflasi Nasional 2019-2021, kebijakan ditempuh dengan memberikan prioritas kepada Ketersediaan Pasokan dan Kelancaran Distribusi, yang didukung oleh ekosistem yang lebih kondusif serta ketersediaan data yang akurat," ungkapnya

Dia menambahkan, memperkuat pelaksanaan Peta Jalan Pengendalian Inflasi Nasional 2019-2021 dengan menempuh pula pelaksanaan Peta Jalan Pengendalian Inflasi di tingkat Provinsi.

"Memperkuat koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pengendalian inflasi melalui penyelenggaraan Rakornas Pengendalian Inflasi dengan tema Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif. Rakornas selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh Rakorpusda Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini