nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

45% Dana di Bank Bisa Beralih ke Fintech

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 20:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 30 320 2011612 45-dana-di-bank-bisa-beralih-ke-fintech-Y1sVOjZdjU.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai dalam sepuluh tahun ke depan, 45% dana masyarakat di perbankan akan beralih ke sektor non-bank terutama fintech. Oleh sebab itu, perbankan disarankan lebih kreatif dalam menawarkan produk dan jasa untuk menunjang pendapatan.

Ekonom Senior Indef Aviliani menyatakan, mayoritas penduduk Indonesia merupakan generasi milenial yang lebih sudah menyimpan dananya di sektor non-bank, seperti reksa dana atau pun fintech.

"Nanti menjelang 10 tahun ke depan perbankan hanya akan memegang dana masyarakat sekitar 55% dan sisanya sebanyak 45% akan berpindah pada sektor non bank,” katanya dalam acara Dialog Ekonomi Perbankan di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Baca Juga: 67 Perusahaan Fintech Uji Kelayakan untuk Dapat Izin OJK

Dia menjelaskan, melalui fintech peer to peer lending dengan imbal hasil yang ditawarkan lebih besar memikat untuk berinvestasi. Di sisi lain, ada juga sistem pembayaran dengan teknologi kode respon cepat (Quick Response Code/QR) yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi.

"Finceh itu dana untuk diputarkan dengan yield lebih tinggi dan akan terjadi ke depan perubahan termasuk sistem pembayaran ada Go-Pay dan OVO. Itu membuat orang melakukan pembayaran bukan di debit atau kredit, tapi dari situ. Itu akan mengurangi pendapatan bank," jelasnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Usaha Fintech di Indonesia

Oleh sebab itu, ekosistem keuangan ke depannya akan menjadi tantangan berat bagi perbankan. Maka, Aviliani mengimbau perbankan harus mampu beradaptasi yakni bekerjasama dengan fintech.

"Bank harus berkolaborasi dengan fintech dan sistem pembayaran lain. Bank ke depannya memang akan tetap berfungsi tapi akan berkurang," jelas dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini